Hari / Tanggal :

Rusa Dan Domba Yang Menikah Di hari Valentine



Seekor domba jantan dan rusa betina akan merayakan Hari Valentine dengan upacara "pernikahan" di Provinsi Yunnan, di bagian baratdaya China, tetapi para ahli mengatakan pasangan tersebut tidak akan mungkin menghasilkan keturunan.



"Hubungan cinta" antara domba jantan bernama Changmao, yang berarti "rambut panjang," dan rusa tutul betina bernama Chunzi, yang berarti "murni", sudah berlangsung cukup lama. Hal itu mendorong pihak kebun binatang untuk menikahkan kedua hewan berbeda spesies itu.

Changmao dibesarkan di Lapangan Rusa di Taman Margasatwa Yunnan di Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, sejak Desember 2009. Changmao tiba di sana saat dia berumur dua bulan, kata Liu Gencheng, seorang petugas di Lapangan Rusa. Kelompok hewan yang dibesarkan di sana juga termasuk tiga domba dan delapan rusa tutul. "Kami menempatkan mereka bersama-sama karena mereka semua herbivora," kata Liu.

Seiring waktu, Chunzi, yang satu tahun lebih tua dari Changmao, sering ketahuan bersikap mesra pada domba jantan itu. Sementara Changmao menyerang rusa jantan yang mendekati Chunzi, kata Liu. Setelah mereka memasuki periode reproduksi, mereka mulai sering kimpoi. "Karena mereka bukan dari spesies yang sama, jadi kami memisahkan mereka pada November 2011," ujar Liu.

Namun, kata Liu, dua hewan itu menjadi sangat pemarah. Domba jantan sering menyerang pagar dengan tanduknya dan si rusa betina mencoba melompati pagar berkali-kali. Jadi petugas kebun binatang memutuskan untuk menempatkan mereka bersama-sama lagi.

"Melihat keintiman yang begitu dekat, mereka mendapat restu dari saya," kata Li Xinmei, salah seorang pengunjung.

Xu Linmu, seorang peneliti hewan dan profesor dari taman margasatwa tersebut, mengatakan hewan yang dipelihara di taman tersebut telah kehilangan lingkungan asli mereka, dan mereka menghadapi hewan spesies lain siang-malam. Hal tersebut menyebabkan munculnya beberapa tindakan khusus. "Kasih sayang antara rusa dan domba tidak mungkin terjadi di alam liar," kata Xu.

Xu juga mengatakan sangat tidak mungkin bahwa pasangan tersebut akan menghasilkan keturunan apapun. "Rusa totol berasal dari famili cervidae sementara domba berasal dari famili bovidae. Hanya spesies yang termasuk dalam kategori famili yang sama yang mungkin memiliki keturunan seperti harimau dan singa, yang keduanya dari famili feline atau kucing," katanya.

Wang Dajun, seorang peneliti biologi konservasi dari Peking University, menyarankan orang untuk tidak melampirkan perilaku manusia terlalu banyak terhadap hewan, seperti foto pernikahan atau upacara pernikahan, karena mereka tidak akan menghargainya sebagaimana manusia menghargainya. "Meninggalkan mereka sendiri adalah pilihan terbaik," kata Wang.
Ang orihinal na artikulo o pinagkunan makikita dito