Hari / Tanggal :

Buka Fb Dengan Mata



EyeLock Pembuka Password Facebook Dengan Mata - Lupa password akun Facebook, Google, dan aneka situs lainnya? Atau kuatir akun-akun Anda itu dibajak orang lain? Ganti saja password Anda dengan mata Anda. Beres sudah. Aman pula. Ya, jadi masuk ke akun cukup dengan pelototan mata.

Cara itulah yang dijanjikan oleh Hoyos Group, sebuah perusahaan spesialis pembuat alat bioritmik, dengan alat buatannya yang disebut EyeLock. Alat sensor retina ini memang dimaksudkan sebagai perantara untuk membuka akun situs Anda dengan mata, tanpa perlu mengisi password.

Untuk memfungsikan alat tersebut pertama-tama adalah hubungkan dulu EyeLock dengan komputer menggunakan koneksi USB. Setelah itu pirantai EyeLock terpasang di komputer.

Kemudian, pilih situs-situs atau aplikasi di komputer yang akan diproteksi. Ambil contoh akun Facebook Anda. Untuk masuk akun itu Anda perlu mengisi kolom nama pengguna dan password.

Nah, sebagai gantinya, arahkan mata Anda pada sensor di EyeLock. Alat itu pun langsung bekerja mengenali kekhasan retina mata Anda, dan kemudian membuat sandi khusus untuk kolom isian akun Facebook Anda itu.

Jadi setiap kali akan membuka akun Facebook, cukup Anda tatap sekejap saja sensor EyeLock, dan akun pun terbuka. Seberapa amankah proteksi yang dibuat alat tersebut?


Salah seorang petinggi perusahaan yang berbasis di AS itu, Tracy Hoyos, menjamin bahwa pengamanan yang dibuat oleh EyeLock tak bakalan bisa dibobol. Alasannya, begitu katanya dalam wawancara dengan CNN, setiap kali pengguna log in ke akunnya, alat seharga 99 dolar AS tersebut lantas membuat sandi baru dengan kombinasi huruf dan angka.

Nah, bagaimana jika pengguna meninggal dunia? Maka, mati pulalah akun Facebooknya, dan akun-akun lainnya. Alias, tidak mungkin dibuka lagi oleh siapa pun. Karena, setelah orang mati, retinanya rusak.

Namun, bagaimana jika orang tersebut menyumbangkan retinanya kepada orang lain yang membutuhkan?