Hari / Tanggal :

Bahu Cidera Pengaruhi Performa Valentino Rossi




Posted: 20 Mar 2011 08:09 PM PDT
Valentino Rossi harus puas finish di posisi tujuh pada gelaran seri perdana MotoGP di Qatar dini hari tadi. Rossi menyatakan bahwa masih ada rasa sakit pada cedera bahu dan itu sangat mempengaruhi performanya di sirkuit Losail.
Juara tujuh kali MotoGP ini memang belum menunjukan performa apik bersama tim barunya, Ducati. Rossi sudah bermasalah sejak sesi pramusim, dan masalah itu berlanjut di seri perdana tadi. Memulai start dari posisi sembilan dan sempat menyodok ke posisi dua, tapi The Doctor malah melorot ke posisi tujuh.
Pertarungan Rossi hanya terjadi dengan pembalap Fiat Yamaha Ben Spies dan pembalap Yamah Tech3 Colin Edwards. Sayang, pembalap Italia tersebut tidak bisa bangkit dari posisi tujuh.
“Saya sudah memulai start dengan baik, dan perasaan saya sangat bagus sebab tenaga kuda motor langsung menyentak. Itu sangat membantu saya menyodok ke depan,” jelas Rossi seusai balapan.
“Tapi, saya melakukan kesalahan kecil di tikungan pertama dan saya terpaku di belakang Hector Barbera selama beberapa lap. Saya juga sempat mendekati Marco Simoncelli dan Andrea Dovizioso, sayang saya tidak bisa menyalip mereka karena bahu terasa sakit,” lanjut The Doctor seperti dilansir crash, Senin (21/3/2011).
Kendati bermasalah dengan kondisi fisik, Rossi tidak menyebut performa Ducati Desmosedici tunggangannya bermasalah. Mantan rider Honda dan Yamaha ini malah memuji performa motor.
“Tentunya kami tidak datang balapan jika hanya untuk posisi tujuh. Motor sangat baik dan kami selalu berpikir positif di setiap balapan. Buktinya, motor masih bisa melesat di awal lap,” tutur Rossi.
Sementara itu rekan setim Rossi, Nicky Hayden juga mencatat hasil kurang memuaskan dengan hanya finish di posisi sembilan. Hayden berada di belakang Colin Edwars dan di depan pembalap Honda Gresini, Hiroshi Aoyama.
Sumber (oz)
Posted: 20 Mar 2011 08:05 PM PDT
Casey Stoner langsung unjuk gigi pada balapan pertamanya bersama Repsol Honda. Mengawali balapan pertama musim ini di MotoGP Qatar dengan menempati pole position, Stoner berhasil menyentuh garis finis pertama di sirkuit Losail, Senin (21/3/2011) dini hari WIB.
Selepas start, Dani Pedrosa langsung menggebrak dengan menyodok ke posisi pertama, diikuti Casey Stoner dan Jorge Lorenzo di tempat ketiga. Valentino Rossi sebenarnya sempat menyeruak ke posisi dua, namun ditikungan pertama pembalap Ducati ini melebar sehingga harus tercecer ke posisi enam.
Nasib sial langsung menghampiri dua pembalap Pramac Racing. Randy De Puniet gagal menjinakkan kuda besinya saat melahap tikungan sehingga akhirnya terjatuh. Sementara rekan setimnya Loris Capirossi juga gagal melanjutkan lomba karena tergelincir ke gravel saat mencoba menghindari De Puniet.
Memasuki tiga tikungan pertama, sang juara dunia Lorenzo berhasil mengambil pimpinan lomba dari Pedrosa yang harus tercecer ke urutan tiga dibelakang rekan setimnya Stoner yang menempel ketat Lorenzo ditempat kedua. Namun, Lorenzo tak bertahan lama bercokol sebagai pembalap terdepan. Pasalnya, Stoner berhasil mengambil alih posisi terdepan, diikuti Pedrosa di tempat kedua.
Mulai dari sini, pertarungan sengit melibatkan dua pembalap Repsol Honda, Casey Stoner dan Dani Pedrosa yang mulai memberi jarak terhadap rivalnya. Memasuki lap keempat, Pedrosa melakukan manuver membahayakan dengan memotong Stoner saat keduanya mencoba memasuki tikungan. Stoner nampak tidak ingin mengikuti ego, sehingga agak memperlambat motornya dan memberikan ruang bagi Pedrosa untuk mendahuluinya.
Memasuki 10 lap pertama, duel Pedrosa dan Stoner masih menjadi tontonan paling menarik. Mereka mulai menjauhi Jorge Lorenzo di tempat ketiga. Marco Simoncelli menguntit di posisi empat diikuti Andrea Dovizioso di urutan lima. Rossi masih tak beranjak dari posisi enam, diikuti Ben Spies, Colin Edwards, Hector Barbera dan Hiroshi Aoyama melengkapi daftar sepuluh besar.
Dua pertarungan sengit menjadi suguhan menarik di pertengahan lomba. Di lap ke-12, Ben Spies sempat menyalip Rossi di peringkat enam. Namun pembalap Amerika Serikat melakukan kesalahan, melebar saat memasuki tikungan sehingga Rossi berhasil kembali mengamankan posisinya.
Sementara di depan, Casey Stoner yang terus menguntit Pedrosa, akhirnya berhasik mengambil posisi pertama dengan melakukan manuver cemerlang saat keduanya bersiap memasuki tikungan. Usai melewati Pedrosa, Stoner langsung melesat dan mulai menjaga jarak. Sedangkan, Pedrosa kini mulai mendapat tekanan dari Lorenzo di tempat ketiga.
Teror mental yang terus dihadirkan Lorenzo kepada Pedrosa akhirnya membuahkan hasil. Di sisa delapan lap, pembalap Yamaha sukses melewati Pedrosa yang gagal menutup ruang geraknya saat melahap tikungan. Sementara itu, rekan setim Lorenzo, Ben Spies juga berhasil memenangi duel sengit dengan Rossi dan mengamankan posisi enam, kendati Rossi belum menyerah dan terus berupaya merebut kembali posisinya.
Memasuki lima lap terakhir, Stoner kian jauh sendirian di depan. Sementara Dani Pedrosa sempat mengambil alih posisi Lorenzo di tempat kedua. Pembalap Repsol Honda lainnya, Dovi juga sukses mengovertake Simoncelli dan mengamankan posisi empat. Sementara di baris ketiga, Rossi juga masih berupaya keras mengambil kembali posisinya dari Spies yang menempati posisi enam.
Di sisa empat lap, Lorenzo kembali melancarkan aksinya dan berhasil melewati Pedrosa. Dari sini, Lorenzo mulai berhasil keluar dari tekanan Pedrosa dan menjaga jarak untuk mengamankan posisi kedua. Hingga berakhirnya lomba, komposisi pembalap tak mengalami perubahan.
Stoner tampil sebagai pemenang dengan selisih lebih dari tiga detik dari Lorenzo di tempat kedua, sementara Pedrosa di podium terakhir. Andrea Dovizioso mengakhiri balapan di posisi empat diikuti Marco Simoncelli, Ben Spies, Rossi di tempat ketujuh, Colin Edwards, Nicky Hayden dan Hiroshi Aoyama melengkapi format sepuluh pembalap terdepan.
Hasil MotoGP Qatar:
Pos – Pembalap – Tim — Waktu
1. Casey Stoner Honda HRC 42:38.569
2. Jorge Lorenzo Yamaha Factory +03.440
3. Dani Pedrosa Honda HRC +05.051
4. Andrea Dovizioso Honda HRC +05.942
5. Marco Simoncelli Honda Gresini +07.358
6. Ben Spies Yamaha Factory +10.468
7. Valentino Rossi Ducati MotoGP +16.431
8. Colin Edwards Yamaha Tech 3 +26.293
9. Nicky Hayden Ducati MotoGP +27.416
10. Hiroshi Aoyama Honda Gresini +28.920
11. Cal Crutchlow Yamaha Tech 3 +34.539
12. Hector Barbera Ducati Aspar +34.829
13. Karel Abraham Ducati Cardion AB +37.957
14. Toni Elias Honda LCR +26.7
Gagal finis
15. Randy de Puniet Ducati Pramac +30.0
16. Loris Capirossi Ducati Pramac +12.8
Sumber (oz)
Posted: 20 Mar 2011 06:41 PM PDT
Satu persatu, petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dipreteli. Setelah presidennya, kini giliran Sekretaris Jenderal PKS Anis Matta yang dituding telah menggelapkan uang sebesar Rp10 miliar dari Rp40 miliar yang diberikan calon Gubernur DKI Jakarta Adang Daradjatun.DEMIKIAN diungkapkan pendiri Partai Keadilan (PK), Yusuf Supendi, kepada wartawan di gedung DPR, Kamis (17/3/2011).
Menurut Yusuf, penggelapan yang dilakukan Anis Matta itu terjadi saat pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2007 lalu. "Ada saksinya, salah satu anggota Dewan PKS, Adang Daradjatun menyerahkan Rp40 miliar untuk kepentingan pencalonannya. Lalu, dana itu dipotong oleh Anis Matta Rp10 miliar. Tapi, Anis Matta bilang, katanya uang itu dititipkan," ungkap Yusuf.
Yusuf juga menuduh Anis Matta telah berdusta soal asas keterbukaan keanggotaan PKS. Padahal, belum ada keputusan resmi PKS untuk menjadi partai terbuka, tapi Anis sudah mengumumkannya ke media massa.
Wakil Sekretaris Jenderal PKS Bidang Informasi, Mahfudz Siddiq, masalah penggelapan uang yang diduga dilakukan Anis Matta, diserahkan kepada Badan Kehormatan DPR. "Saya no comment," kata Mahfudz.
link :http://monitorindonesia.com/2011/03/…-gubernur-dki/
Posted: 20 Mar 2011 06:36 PM PDT
DELFT, KOMPAS.com — Kemampuan mahasiswa Indonesia di luar negeri ternyata cukup membanggakan nama Tanah Air. Dwi Hartanto, mahasiswa master di Universitas Teknologi Delft (TU Delft), Belanda, rencananya akan meluncurkan nanosatelit yang dinamakan Delfi-n3Xt pada pertengahan tahun 2010.
Sebelumnya, nanosatelit Delfi-C3 juga berhasil diluncurkan pada tahun 2008. Nanosatelit ini diklaim sebagai satelit pertama buatan mahasiswa di Belanda yang berhasil mengorbit bumi.
Rahmadi, Wakil Sekjen PPI Belanda, menyampaikan informasi tersebut kepada Persda network melalui surat elektronik seusai Kolokium PPI Delft (KOPI Delft) yang rutin diadakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Delft, Belanda, pekan lalu. "Dwi memaparkan riset pembuatan nanosatelit, mulai dari desain, fitur-fitur yang disyaratkan, serta misi peluncurannya," ujar Rahmadi.
Menurutnya, keberhasilan salah satu mahasiswa asal Indonesia seperti Dwi patut diapresisasi. Pasalnya, dunia riset memang semestinya terbangun oleh tiga pilar besar, yaitu institusi pendidikan, pemerintah, dan industri.
Pada kesempatan itu pula, kolega Dwi, Aryo Primagati, yang saat ini bekerja sebagai insinyur telekomunikasi pada ISIS (Innovative Solutions In Space), sebuah perusahaan kecil yang didirikan alumni TU Delft yang pernah terlibat pada proyek nanosatelit Delfi-C3, mengatakan bahwa riset pembuatan nanosatelit sangat cocok dijadikan proyek penelitian dalam skala universitas. Selain desain yang lebih sederhana pada ukuran yang lebih kecil, dana yang dibutuhkan juga jauh lebih kecil dibandingkan satelit konvensional.
Sekadar perbandingan, Aryo mengatakan bahwa untuk membangun dan meluncurkan sebuah satelit normal diperlukan biaya jutaan euro (puluhan hingga ratusan miliar rupiah) dengan waktu pengembangan 5-10 tahun. Adapun untuk nanosatelit, seperti Delfi C3 atau Delfi-n3Xt, hanya diperlukan waktu satu sampai dua tahun pengembangan dengan biaya sekitar 100 sampai 200.000 euro (sekitar Rp 1,5 sampai Rp 3 miliar).
Pada akhir sesi presentasi KOPI Delft kali ini, Dedy Wicaksono, peneliti pasca-doktoral di TU Delft, memaparkan visi dan ambisi mereka bersama untuk menggagas sebuah proyek nanosatelit untuk mahasiswa Indonesia yang diberi nama INSPIRE (Indonesian Nano-Satellite Platform Initiative for Research and Education).
Mengingat, sebenarnya Indonesia telah merintis dunia riset antariksa sejak dekade 1960-an. Ide yang dibawa oleh Dedy bersama koleganya adalah membuat suatu konsorsium yang terdiri dari berbagai universitas di Indonesia, lembaga-lembaga penelitian pemerintah, dan tentunya rekanan dari dunia industri sebagai sponsor pendanaan.
Senada dengan Dedy, Aryo pun menilai misi peluncuran INSPIRE 1 hendaknya tidak terlalu mensyaratkan misi yang terlampau sulit. Pada kenyataannya, selain sebagai satelit komunikasi radio amatir, misi Delfi-C3 yang utama adalah sebagai technology demonstration and development. Mengenai masalah pendanaan, kiranya perlu dicari solusi yang terbaik. Salah satu yang sudah direncanakan adalah mengajukan proposal proyek INSPIRE ke berbagai pihak terkait di Tanah Air.
Acara Kolokium PPI Delft atau sering disingkat KOPI Delft ini adalah acara rutin dwi mingguan yang diadakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Delft, Belanda. (yondaryono, persdanetwork)
Source: http://sains.kompas.com/read/2009/06…i.belanda.2010
maaf mod berita lama…soalnya bosan ame berita 2 yg menyedihkan, korupsi..bencana..politik
Posted: 20 Mar 2011 06:05 PM PDT
Quote:
Cemburu, Istri Dihajar Hingga Pingsan di Jalanan
LAMPUNG (Pos Kota) – Cemburu istrinya ditegur teman, seorang tukang ojek langsung naik darah memukuli istrinya pakai helm sampai pingsan di jalan hingga menjadi perhatian pengguna jalan, di Jl. Kesuma Bangsa, Sukarame, Bandarlampung, Minggu (20/3) sekitar pukul 11.00WIB.
Korban penganiayaan Suci Adelia Putri ,32, warga Jalan Kesuma Bangsa, Way Dadi, Sukarame, Bandarlampung, yang sudah dandan abis mau kondangan akhirnya dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeluk untuk mendapatkan perawatan.
Bapak korban, Dodi ,55, tidak terima putri satu-satunya dianiaya dan langsung melaporkan menantunya, Asek ,37, ke Polresta Bandar Lampung atas tuduhan melakukan kekerasan dalam rumah tangga dengan nomor LP/B/1078/III/2011/LPG/RESTA.
Setelah siuman Suci mengaku sudah tiga kali dipukuli suaminya yang berprofesi sebagai tukang ojek itu di tengah jalan hingga babak belur. "Dulu saya dipukul saat saya sedang pergi ke sebuah swalayan," kata korban di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Abdul Moeloek.
Asek waktu itu menemui Suci di swalayan tersebut kemudian memukul kepala, bahu, dan perut. Bahkan sang suami, kata Suci, mengancam akan menabrakan sepeda motor yang dibawanya jika ia tidak pulang. Akibat pemukulan itu, Suci mengalami luka di sekujur tubuh dan lecet di dengkul. "Kali ini yang ketiga kalinya saya dipukul dan bapak saya langsung lapor ke polisi", lanjutnya.
Kasatreskrim Polresta Bandarlampung, Kompol. Takdir Matanette membenarkan adanya laporan warga yang menjadi korban kekekrasan dalam rumah tangga,"Tersangka akan kami panggil untuk diperiksa", kata Kasat. (Koesma/)
Sumber
kasihan ya gan,,,maunya ramah tamah malah kena hantam helm suami…. maunya nyenengin hati pengen belanja di suruh pulang suami… tapi kenapa ya kok sampe suami kejem sama istri,, apakah karena suaminya memang berwatak kejem atau sang istri yang susah di atur??entahlah,,tapi apapun itu ga bisa harus di selesaikan dengan kekerasan,,,
:ilovekaskus :iloveindonesia
Posted: 20 Mar 2011 05:54 PM PDT
sumber: http://florespos.com/article.php?article_id=198
Bajawa, florespos.com
Ruben Rangga (41), warga kampung Mbeku, Maunori, tahanan di rumah tahanan (Rutan) Bajawa, dianiaya seoroang pegawai Rutan, Lukas Asdando, berulang-ulang kali. Akibat penganiayaan tersebut, Ruben mengalami memar di bagian mata, luka lecet di lutut dan kaki karena disuruh jalan berlutut di aspal.
Ruben Rangga, yang ditemui Flores Pos di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bajawa, Rabu (16/3/2011), menjelaskan, dirinya dianiaya Lukas Asdando sejak dia masuk rutan, Selasa (15/3/2011) pukul 13.30 Wita hingga Rabu pagi (16/3/2011). Ruben masuk rutan karena terlibat kasus penganiayaan terhadap Frengky Pita, warga kampung Maunori pada tanggal 28 September 2010.
Ruben, didampingi saudarinya, Flora Jou, menjelaskan Lukas Asdando adalah salah satu keluarga korban (Frengky) yang dianiaya Ruben Rangga. Saat dirinya berada di rutan, Lukas langsung menganiaya dirinya dengan memukul pakai tangan di bagian wajahnya berulang-ulang kali. Selain dipukul, aku Ruben, dirinya disuruh Lukas berjalan dengan lutut di atas aspal sejauh 50 meter dalam kompleks rutan dan ditendang berulang kali dari belakang.
Lukas Asdando dan Frengky Pita masih ada hubungan keluarga. Lukas Asdendo, saat menganiaya saya, dia berteriak dan mengajak para napi untuk menghajar saya. Saya dipukul dengan menggunakan cincin, ditendang serta disuruh berjalan dengan lutut dalam keadaan tegak.
Flora Jou, saudari Ruben Rangga yang datang mengunjungi Ruben di rutan, melihat kondisi pengaiayaan tersebut, lansung membawa Ruben ke kantor Kejari Bajawa untuk diamankan, karena korban adalah status tahanan jaksa.
Keluarga korban, Flora Jou mengatakan pihak keluarga telah melaporkan kasus penganiayaan itu ke Polres Ngada untuk diproses lebih lanjut, karena perbuatan pegawai Rutan itu merupakan tindakan melanggar hukum, yang seharusnya tidak boleh diperlakukan seperti itu terhadap tahanan.
preman dan mafia berjalan langgeng…
http://www.youtube.com/watch?v=YQiYoccPU9s
:marah:batabig:cd:
Posted: 20 Mar 2011 05:26 PM PDT
Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku mengikuti berbagai kasus hukum, utama kasus Gayus HP Tambunan yang menjadi perbincangan di ruang publik. Ia juga mengaku mendengar adanya desakan agar sudah saatnya presiden turun langsung dalam kasus Gayus.
presiden-saya-akan-tetap-in-watch/z8y5g7an
makin aneh aja bahasanya :cd:
Posted: 20 Mar 2011 05:00 PM PDT
Anggota DPRD dari PKS Disidang Pekan Ini
Minggu, 20 Maret 2011 16:04 WIB
DEPOK–MICOM: Skandal dana bantuan sosial (bansos) senilai Rp87 miliar Kota Depok yang melibatkan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2004-2009 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Benny Bambang Erawan diadili pekan ini.
Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kota Depok Farhan, di Depok, Minggu (20/3), menyatakan bahwa mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKS Jawa Barat Benny Bambang Erawan akan diajukan ke meja hijau terkait kasus korupsi dana bansos yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Kota Depok 2008 senilai Rp87 miliar.
“Pekan ini atau paling lambat April Benny disidangkan. Berkasnya sudah hampir rampung, tinggal melengkapi beberapa keterangan saksi di persidangan nanti,” ungkap Farhan kepada Media Indonesia, di Depok.
Ia mengatakan, Benny itu, sudah ditetapkan sebagai tersangka. Benny pun sampai saat ini ditahan dari sejak 27 Januari 2011 di Lembaga Pemasyarakatan Pondok Rajeg, Jalan Kali Mulia, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
“Benny sudah ditetapkan sebagai tersangka dan tinggal diajukan ke persidangan. Pasal yang dikenakan kepada Benny, Pasal 2 dan Pasal 3 UU No 31 yang diubah UU No 20 tahun 2001, tentang tindak pidana korupsi yang ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara,” kata Kasi Pidsus Kejakasaan Negeri Kota Depok itu.
Benny, jelas Farhan, menjadi tersangka karena ikut terlibat dalam kasus korupsi yang dilakukan mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan (BPPKB) Kota Depok Mien Hartati dan Direktur PT Karya Profesi Mulia (KPM), perusahaan penyuplai alat kesehatan, Yusuf Efendi, yang telah divonis pengadilan 18 bulan penjara 2010.
Menurut Farhan, mencuatnya nama Benny saat dirinya menjadi saksi di persidangan. Benny saat diperiksa sebagai saksi mengaku kebagian uang sebesar Rp125 juta dari Rp800 juta dana pembelian alat kesehatan.
Dana sebesar Rp800 juta itu adalah bagian dari Rp87 miliar total dana bansos yang dikucurkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Kota Depok 2008. Benny mengakui perbuatannya setelah beberapa saksi yang diperiksa majelis menyebutkan Benny ikut terlibat dalam skandal dana bansos di Kota Depok. Salah satu saksi adalah Mansyur, yang tak lain anak buah Yusuf yang bertugas sebagai Manajer Pemasaran PT KPM.
Mansyur mengatakan, uang yang diterima Benny sebesar Rp125 juta itu, uang hasil mark-up dalam pembelian empat unit alat pendeteksi telinga hidung dan tenggorokan (THT) serta polimata untuk Rumah Sakit Simpangan Depok Jalan Raya Jakarta-Bogor, dan Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah (HGA) Jalan Raden Saleh, Kecamatan Sukma Jaya, Kota Depok
Harga empat unit alat kesehatan tak lebih dari Rp98,8 juta. Sisanya Sedangkan anggaran untuk empat alat THT dan polimata disiapkan Pemerintah Kota Depok sebesar Rp800 juta. Harga itu menjadi lebih murah karena komponennya adalah rakitan, yang dibeli dari Pasar Harco, Jakarta Pusat.
http://m.mediaindonesia.com/index.ph…dang_Pekan_Ini
—————
Inilah wajah buruk PKS yang selalu ditutupi .. suka duit juga, bahkan duit untuk anak yatim dan fakir miskin! … :D
Posted: 20 Mar 2011 04:56 PM PDT
TEMPO Interaktif, Jakarta – - Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dinilai kurang tegas dalam mencegah terjadinya aksi terorisme. “Revisi diperlukan agar lebih menggigit,” kata pengamat terorisme Wawan Purwanto di Jakarta kemarin. Menurut dia, revisi itu sebagai pengawasan serta pencegahan terhadap aksi teror yang kerap kali tak bisa dicegah petugas keamanan.
Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengusulkan hal senada. Kepala BNPT Inspektur Jenderal Ansyaad Mbai mengatakan undang-undang itu seharusnya mengatur hal-hal yang dianggap sebagai bibit terorisme. Kelompok atau orang yang menebar kebencian dan permusuhan dapat dikategorikan sebagai pelaku tindak kejahatan. Pelatihan bergaya militer pun, menurut Ansyaad, harus diatur.
Wawan mengakui bahwa ketegasan dalam Undang-Undang Terorisme amat rentan terhadap tindak pelanggaran hak asasi manusia. Orang atau kelompok tertentu bisa ditindak “hanya” dengan dalih telah menebar kebencian. “Ini yang mesti diperhatikan, jangan sampai ada pelanggaran-pelanggaran yang tidak perlu,” katanya.
Pendapat berbeda disampaikan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Ifdal Kasim. “Aturan (menebar kebencian) itu tidak diperlukan dalam Undang-Undang Terorisme karena sudah diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana,” katanya. Dia menunjuk pasal 156 tentang penyebaran permusuhan, kebencian, atau penghinaan, yang diancam hukuman empat tahun.
Dia khawatir muatan revisi tersebut berpotensi menimbulkan polemik baru di masyarakat, khususnya penafsiran terhadap kelompok atau orang yang dikategorikan menebar permusuhan. “Dalam KUHP saja sering kali menjadi pertentangan karena multitafsir.”
Terkait dengan upaya pencegahan aksi teror bom ini, Direktur Moderate Muslim Society Zuhairi Misrawi berpendapat Majelis Ulama Indonesia hendaknya mengeluarkan fatwa haram penggunaan bom untuk tindakan teror. Menurut dia, fatwa itu bisa menjadi salah satu cara mencegah tindakan terorisme.
Pemerintah, kata dia, juga harus menggunakan langkah yang moderat dalam memerangi terorisme. “Tapi sepertinya pemerintah lebih asyik memerangi kelompok ekstremis,” kata Zuhairi akhir pekan lalu. Ansyaad Mbai menyokong perlunya fatwa haram ini. “Seharusnya apa pun tindakan kekerasan yang mengatasnamakan agama itu haram,” dia menandaskan.
Tapi, menurut Ketua Harian MUI Slamet Effendy Yusuf, fatwa khusus tentang teror bom ini tidak perlu karena sudah ada fatwa haram atas tindakan terorisme. Menurut dia, fatwa MUI Nomor 3 Tahun 2004 tentang Terorisme sudah melingkupi seluruh aspek teknis aksi terorisme, termasuk penggunaan bom.
Mantan Ketua Umum Muhammadiyah Syafi’i Ma’arif juga menilai fatwa MUI tidak akan efektif menghentikan terorisme. Yang lebih penting, menurut dia, “Polisi harus tegas dan mau membongkar.”
http://www.tempointeraktif.com/hg/po…321563,id.html
Ane setuju ama yang dibold :shakehand
Pemerintah terkesan kurang tegas dalam mencegah teror – teror di Indonesia
Apa takut Densus ga ada kerjaan ? :hammer:
Mengutip pendapat salah satu sesepuh formil
“NKRI dan IGO = harga mati” :army:
Posted: 20 Mar 2011 04:53 PM PDT
JAKARTA – Kritik terus ditujukan kepada tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri yang dianggap telat dalam menuntaskan para pelaku teror bom. Padahal, tim tersebut merupakan lembaga yang dikucuri dana paling besar.
“Densus padahal pihak yang paling besar mendapatkan dana,” kata Koordinator Kontras, Haris Azhar dalam jumpa pers di kantornya, Minggu (20/3/2011).
Selain itu, klaim sukses polisi dalam memberantas teroris juga patut dipertanyakan meski sudah berhasil menangkap 400 orang. “Ini menjadi catatan khusus juga buat Densus 88,” jelasnya.
Selain persoalan teror bom, dalam proses penangkapan para tersangka juga sering melampaui batas. Bagi Kontras, banyak perilaku polisi yang melanggar HAM. “Harus juga dilibatkan sipil,” hara Haris.
Kinerja intelijen juga tak lepas dari sorotan Kontras. Karena selama ini kinerja intelijen dinilai sangat berpihak pada pemerintah tanpa merepresentasikan kepentingan pemerintah.
http://news.okezone.com/read/2011/03…ngan-teror-bom
Posted: 20 Mar 2011 04:38 PM PDT
Senin, 21 Maret 2011 | 06:13 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. menyatakan lembaganya tak berwenang menanggapi pengalihan wewenang penanganan sengketa pemilihan kepala daerah dari lembaganya ke pengadilan tinggi. Namun, secara pribadi, ia menyatakan paham dan menerima alasan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang mengusulkan hal itu dalam draf Rancangan Undang-Undang Pemilukada yang disusun Kementerian Dalam Negeri.
“Saya hanya berharap agar lembaga mana pun yang diberi kewenangan mengadili pemilukada hendaknya diberi wewenang untuk menilai proses secara bebas,” kata Mahfud lewat pesan pendek kemarin. Sebab, menurut dia, di sanalah letak pentingnya lembaga peradilan mengawal demokrasi. “Demokrasi kita dalam bahaya kalau dibiarkan seperti sekarang. Saat ini, demokrasi kita sangat transaksional dan banyak tipu muslihat,” ia menegaskan.
Penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah diajukan ke pengadilan tinggi dan tidak lagi ke Mahkamah Konstitusi diatur dalam Pasal 130 ayat 1 draf RUU Pilkada. Juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Reydonnyzar Moenoek, menyebutkan sejumlah alasan berkaitan dengan munculnya pasal tersebut. “Untuk efisiensi biaya, tenaga, waktu, dan lainnya, sehingga semua yang bersengketa tidak perlu ke pusat,” katanya saat dihubungi kemarin.
Menurut Reydonnyzar, selama ini pihak-pihak yang bersengketa ke Mahkamah Konstitusi, khususnya yang mengalami kekalahan, sering kali mengerahkan massa ke Ibu Kota. Bahkan mereka memesan hotel untuk pengikutnya. Padahal biaya yang mereka keluarkan sudah cukup banyak terkuras saat penyelenggaraan pemilihan kepala daerah. “Katanya kalah, tapi bisa bawa massa, pesan hotel segala. Apa itu tidak biaya tinggi,” ucapnya.
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie tak setuju dengan pencabutan kewenangan Mahkamah tersebut. Menurut dia, jika kewenangan penanganan pemilihan kepala daerah kembali ke pengadilan tinggi, pemerintah tidak konsisten. Sebab, sebelum berada di tangan Mahkamah Konstitusi, kewenangan itu pernah dipegang pengadilan tinggi dan terjadi sejumlah keributan di sana. “Bila kembali ke pengadilan tinggi, berarti para pejabat itu tidak belajar dari pengalaman,” ujarnya.
http://www.tempointeraktif.com/hg/po…321564,id.html
Spoiler for judul thread:
:toast:toast:toast menerima dengan senang hati
Posted: 20 Mar 2011 04:27 PM PDT
VIVAnews – ReforMiner Institute meniliai kebijakan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang diwacanakan pemerintah selama ini cukup rasional. Namun, potensi distorsi kebijakan itu cukup tinggi, sehingga tidak implementatif dan tidak efektif dalam menyelesaikan masalah saat ini maupun di masa akan datang.
Kebijakan kenaikan harga BBM yang hanya dilakukan pada saat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terancam jebol –seperti yang dilakukan pemerintah– selama ini cukup rasional, implementatif, dan efektif untuk mengatasi permasalahan untuk jangka pendek. Tetapi, kebijakan itu tidak cocok untuk jangka panjang karena bersifat ad hoc.
“Terbukti, setiap kali terjadi lonjakan harga minyak mentah dunia –seperti saat ini– APBN kembali tertekan penambahan defisit karena membengkaknya subsidi BBM dan subsidi energi lainnya (LPG dan listrik),” kata Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Pri Agung Rakhmanto, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com di Jakarta.
“Berangkat dari hal itu, ReforMiner Institute mengusulkan untuk diterapkannya kebijakan harga BBM subsidi yang berfluktuasi,” ujar dia.
Menurut Pri Agung, secara prinsip kebijakan itu pada dasarnya adalah mengunci persentase harga BBM subsidi atau premium terhadap harga keekonomiannya pada tingkat tertentu dan membiarkannya mengikuti pergerakan harga minyak mentah yang ada.
Jadi, pada saat harga minyak mentah naik, harga BBM yang diberlakukan juga akan naik. Sebaliknya, pada saat harga minyak mentah turun, harga BBM juga akan turun.
Walaupun berfluktuasi, harga BBM tersebut merupakan harga yang disubsidi pemerintah dengan besaran tertentu yang dijaga konstan sepanjang tahun anggaran berjalan. Hal itu merupakan cerminan komitmen dari negara untuk memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya dalam bentuk subsidi harga.
“Fluktuasi atau penyesuaian harga BBM yang berlaku dapat dilakukan sekali atau dua kali dalam satu bulan,” ujarnya.
Dalam pandangan Pri Agung, ada tiga hal penting yang menjadi tujuan utama dari diterapkannya kebijakan harga BBM subsidi berfluktuasi ini. Pertama, APBN dapat terbebas dari permasalahan klasik subsidi BBM yang diakibatkan oleh gejolak atau tingginya harga minyak. Kedua, Indonesia sebagai negara produsen minyak dapat mulai menikmati keuntungan ketika harga minyak meningkat atau tinggi.
Ketiga, agar perekonomian negara ini secara keseluruhan (pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat luas) terbiasa dengan harga BBM yang bergerak naik turun, sehingga lebih adaptif terhadap dinamika perekonomian yang terjadi sepanjang waktu.
Berdasarkan kajian ReforMiner Instititute, untuk APBN 2011, besaran persentase tertentu harga BBM subsidi terhadap harga keekonomiannya adalah 65,59 persen untuk premium, 64,31 persen solar, dan 36,41 persen bagi minyak tanah.
Artinya, dengan harga premium Rp4.500 per liter, solar Rp4.500 per liter, dan minyak tanah Rp2.500 per liter saat ini, negara mensubsidi masing-masing sebesar 34,41 persen, 35,69 persen, dan 63,59 persen.
“Persentase harga BBM subsidi dan harga keekonomiannya sebesar 65,59 persen (premium), 64,31 persen (solar), dan 36,41 persen (minyak tanah) inilah yang akan dijaga konstan sepanjang tahun anggaran 2011. Ini berjalan jika kebijakan harga BBM subsidi berfluktuasi ini diterapkan,” kata Pri Agung.
Dengan mengasumsikan harga minyak mentah Indonesia (ICP) saat ini US$100 per barel, sedangkan asumsi-asumsi makro APBN lainnya masih dianggap tetap terpenuhi, kajian ReforMiner Institute menghitung bahwa persentase harga BBM subsidi terhadap harga keekonomiannya saat ini hanya mencapai 53,57 persen untuk premium, 52,50 persen solar, dan 29,70 persen bagi minyak tanah.
Kondisi ini jika dipertahankan, Pri Agung melanjutkan, akan memberikan dampak negatif terhadap APBN jika harga minyak mentah dunia terus meningkat. Untuk itu, sebagai langkah awal di dalam mengimplementasikan kebijakan BBM subsidi berfluktuasi ini diperlukan penyesuaian harga BBM terlebih dahulu.
Penyesuaian ini diperlukan untuk membuat agar APBN tetap dapat bersifat positif netral terhadap pergerakan harga minyak mentah dunia.
Kajian ReforMiner Institute menghitung, penyesuaian harga BBM yang diperlukan pada titik harga ICP US$100 per barel masing-masing adalah menjadi Rp5.510 per liter untuk premium, Rp5.512 per liter solar, dan Rp3.065 per liter bagi minyak tanah. “Ini akan menjadi titik awal untuk kemudian kebijakan harga BBM subsidi berfluktuasi dapat diterapkan,” ujarnya.
ReforMiner Institute pada prinsipnya berharap agar dampak pergerakan harga minyak mentah bersifat netral pada APBN.
Dengan membuat dampaknya menjadi netral, menurut Pri Agung, dalam kebijakan ini dapat disebutkan negara tidak "mengambil untung" dari penurunan harga minyak. Tetapi, negara konsisten memberikan subsidi BBM kepada masyarakat dengan menurunkan harganya.
Pola kebijakan yang sama dapat diterapkan pada tahun-tahun anggaran berikutnya dengan mengunci terlebih dahulu besaran persentase alokasi anggaran subsidi BBM terhadap belanja negara total.
Dengan parameter volume BBM subsidi yang akan selalu meningkat dari tahun ke tahun, dengan mengunci persentase alokasi anggaran subsidi BBM pada angka tertentu, maka persentase harga BBM subsidi terhadap harga keekonomiannya dengan sendirinya akan menyesuaikan.
“Dengan menerapkan kebijakan harga BBM subsidi berfluktuasi ini, APBN dan perekonomian nasional secara keseluruhan diharapkan dapat "terbebas" dari ancaman gejolak harga minyak dan ke depannya dapat menjadi lebih sehat,” ujarnya. (art)
Spoiler for sumber:
http://bisnis.vivanews.com/news/read…ium-fluktuatif
Posted: 20 Mar 2011 04:18 PM PDT
Jakarta – Ketua DPR Marzuki Alie mengimbau masyarakat untuk tidak panik menghadapi teror bom. Marzuki mengajak masyarakat waspada dan menginformasikan secepatnya jika ada teror bom kepada aparat Kepolisian.
“Masyarakat jangan panik karena yang jelas yang namanya teror sudah dari dulu ada dan oleh karena itu masyarakat harus tetap waspada dan memberikan kepercayaan kepada aparat. Kalau ada informasi-informasi yang mencurigakan disampaikan kepada penegak hukum,” ujar Marzuki kepada detikcom, Senin
(21/3/2011).
Marzuki menuturkan, teror bom kali ini tidak untuk membuat kerusakan besar. Karena sejumlah teror bom hanya dengan ledakan yang relatif kecil.
“Ini pasti jaringan dan tujuannya bukan untuk kerusakan yang besar tapi hanya ingin menunjukkan kalau mereka masih ada. Itu yang harus dibuka oleh aparat. Teroris itu kan bekerja dengan system sel, sudah menyambungkan satu sel dengan lainnya. Jadi memang perlu waktu untuk membongkar sel pelaku aksi ini,” tutur Marzuki.
Karena modus baru ini, Marzuki meyakini Polri tengah mempelajari cara antisipasi yang baru. Karena itulah Masyarakat diminta Marzuki mempercayakan pengamanan terkait teror bom kepada Kepolisian.
“Lambat cepat penangannya tergantung daripada sulit dan mudahnya kasus itu. Ini modus baru dengan kasus sebelumnya sedikit berbeda. Dalam penyelidikan perlu waktu dibandingkan kasus sebelumnya dimana modusnya sudah diketaui. Selama ini mudah diendus dan udah ditangkap karena sudah diketahui, belum bergerak pun mereka sudah bisa ditangkap. Karena baru maka kita harus memberikan kesempatan
kepada aparat kepolsian untuk menyelidiki,” tutupnya.
Spoiler for sumber:
http://www.detiknews.com/read/2011/0…or-bom?9911022
Posted: 20 Mar 2011 04:00 PM PDT
Statistik menunjukkan orang menghabiskan sekitar sepertiga dari kehidupan mereka di tempat kerja. Menghabiskan sejumlah besar waktu dengan seseorang bisa melihat membuat hubungan kerja anda menjadi hubungan romantis. Beberapa perusahaan melarang hubungan interpersonal antara anggota staf, sehingga sangat penting untuk memeriksa aturan sebelum Anda mulai berkencan. Sementara sisi positif berkencan dengan rekan kerja mungkin jelas, penting juga mempertimbangkan konsekuensi potensial.
Gosip
Kulit tebal dianjurkan ketika berkencan dengan rekan kerja karena hubungan Anda cenderung menjadi penyebab banyak gossip.Gossip biasanya tidak berbahaya jika ditangani dengan benar. Rekan kerja Anda mungkin tidak akan terpengaruh oleh hubungan Anda, di samping ingin tahu akan detailnya. Namun, bos Anda tidak akan menghargai fakta bahwa gosip menghentikan orang dari bekerja. Mungkin ada pertanyaan bagaimana fokus Anda pada pekerjaan Anda sendiri jika Anda memiliki waktu untuk melakukan hubungan dengan sesama karyawan. Hal ini dapat mengakibatkan pekerjaan Anda akan sangat diteliti untuk memastikan anda melakukan pekerjaan sesuai standar.
Perdebatan
Setiap pasangan memiliki kesulitan mereka dan perdebatan adalah bagian dari sebuah hubungan. Ketika Anda berpacaran dengan rekan kerja, perdebatan ini dapat mengikuti Anda dalam bekerja. Sulit untuk tetap profesional terhadap seseorang yang bertengkar dengan anda saat pagi hari. Membawa permusuhan pribadi ke tempat kerja dapat menciptakan lingkungan kerja yang tidak nyaman bagi Anda dan karyawan lainnya.
Skenario terburuk adalah perdebatan diteruskan di tempat kerja, yang bisa membuat Anda kehilangan kredibilitas. Ini bekerja dua arah dan setiap perselisihan di tempat kerja Anda memiliki kemungkinan untuk terbawa pulang ke rumah dengan Anda.
Bos
Sementara beberapa atasan mungkin memiliki aturan yang longgar pada kencan sesama rekan kerja, biasanya ada aturan ketat mencegah atasan dan bawahan berkencan. Mengencani bos memiliki risiko, serta potensi untuk berakhir dengan Anda kehilangan pekerjaan. Jika Anda menerima promosi, pengakuan khusus atau bonus, karyawan lainnya mungkin percaya itu adalah karena favoritisme ketimbang bekerja keras. Karyawan lain mungkin membuat Anda keluar dari percakapan grup karena takut Anda akan melaporkan kembali kepada pasangan Anda. Jika Anda bos, kencan dengan seseorang yang Anda awasi mungkin membuat Anda kehilangan kredibilitas. Anda juga cenderung dipertanyakan tentang otoritas dan profesionalisme oleh anggota staf lainnya.
Putus
Mengakhiri hubungan cukup sulit tanpa harus melihat mantan Anda sehari-hari di tempat kerja. Jika hubungan Anda dengan rekan kerja berakhir maka ini adalah sesuatu yang harus diterima. Putus hubungan yang buruk mungkin memiliki dampak negatif pada lingkungan kerja Anda.
Rekan kerja mungkin merasa serba salah di sekitar Anda, khawatir bahwa berbicara dengan salah satu akan membuat marah yang lain, mereka bahkan mungkin memihak. Ada kemungkinan detail pribadi tentang diri Anda dan hubungan Anda akan menjadi rahasia umum. Jika kehidupan pribadi Anda dibahas sambil makan siang itu memalukan terutama jika Anda berada dalam posisi atas. Jika hubungan antara mantan Anda dan Anda tetap tidak baik, ada kemungkinan salah satu atau keduanya mungkin akan diminta untuk relokasi atau bahkan meninggalkan pekerjaan.

Posted: 20 Mar 2011 03:19 PM PDT
. Pihak manajemen Hercules resmi memutus kontrak pelatih mereka, Esteban Vigo pasca pertandingan Hercules kontra Osasuna. Kekalahan 0-4 yang diderita Hercules atas Osasuna berakibat sangat buruk buat sang pelatih.
Bukan hanya kekalahan kandang dengan skor 0-4 tersebut yang membuat Vigo dikirimi surat pemutusan hubungan kerja. Secara keseluruhan David Trezeguet cs juga mengalami penurunan performa dengan menelan lima kekalahan dalam enam laga terakhir.
Meski berstatus tim promosi, serangkaian hasil tersebut dianggap sangat mengecewakan oleh manajemen klub. Apalagi di paruh pertama musim lalu Hercules mampu bertarung untuk bisa bertahan di papan tengah klasemen. Demikian dikutip dari Yahoosport.
Vigo menangani Herculanos sejak 2009 dan mampu membawa mereka menempati peringkat kedua divisi Segunda musim lalu untuk promosi. Kontrak Vigo sedianya berakhir 2012, tetapi situasi yang terus memburuk membuat pelatih berusia 56 tahun ini harus merelakan kursi kepelatihannya tergusur.
Vigo bahkan sempat dapat banyak sanjungan setelah berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 0-2 dalam laga di Camp Nou. Hingga kini hasil tersebut menjadi satu-satunya kekalahan Barcelona di kandang sepanjang musim ini.
var skin = {};skin['HEIGHT'] = ’60′;skin['BORDER_COLOR'] = ‘transparent’;skin['ENDCAP_BG_COLOR'] = ‘#e0ecff’;skin['ENDCAP_TEXT_COLOR'] = ‘#333333′;skin['ENDCAP_LINK_COLOR'] = ‘#0000cc’;skin['ALTERNATE_BG_COLOR'] = ‘#ffffff’;skin['CONTENT_BG_COLOR'] = ‘#ffffff’;skin['CONTENT_LINK_COLOR'] = ‘#0000cc’;skin['CONTENT_TEXT_COLOR'] = ‘#333333′;skin['CONTENT_SECONDARY_LINK_COLOR'] = ‘#7777cc’;skin['CONTENT_SECONDARY_TEXT_COLOR'] = ‘#666666′;skin['CONTENT_HEADLINE_COLOR'] = ‘#333333′;google.friendconnect.container.setParentUrl(‘/’ /* location of rpc_relay.html and canvas.html */);google.friendconnect.container.renderAdsGadget( { id: ‘div-6468679513784047031′, height: 60, site: ’05057816336737519924′, ‘prefs’:{“google_ad_client”:”ca-pub-4655815732238958″,”google_ad_host”:”pub-6518359383560662″,”google_ad_format”:”468×60″} }, skin);
Hercules sendiri kini duduk di posisi juru kunci klasemen dengan poin dimiliki berjumlah 26. Mereka tertinggal empat angka atas Real Zaragoza sebagai klub penghuni posisi aman terakhir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now
Posted: 20 Mar 2011 02:48 PM PDT
Metrotvnews.com, Tripoli: Libya mengutuk serangan militer dan agresi biadab yang dilakukan Amerika Serikat dan Perancis ke Libya. AS menembakkan lebih dari 100 peluru kendali dari kapal induknya, sedangkan Prancis menyerang dari udara. Pihak militer AS menyebutkan 20 lokasi menjadi sasaran 100 peluru kendali milkinya, yang diluncurkan dari kapal perang AS di pantai Laut Mediterania.
Pejabat Libya Mohammed Al Zwei menyatakan, serangan itu menyebabkan sejumlah besar warga sipil di Tripoli dan Misrata, terluka. Al Zwei menambahkan, serangan militer dan agresi biadab terhadap warga Libya itu terjadi justru saat Libya mengumumkan gencatan senjata.
Ribuan pendukung Khadafi berkumpul di markas militer Bab Al Aziziya di Tripoli, tempat Khadafi berlindung dari serangan musuh-musuhnya.
Serangan AS dan Prancis itu terjadi menyusul persetujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa atas resolusi zona larangan terbang di Libya. Resolusi PBB berdalih untuk melindungi warga sipil Libya dari serangan militer Khadafi, yang menggunakan pesawat tempur dan tank-tanknya.
Bahkan Khadafi menyempatkan untuk menyerang Benghazi, Libya timur, pascamenyatakan gencatan senjata setelah PBB menyetujui resolusi zona larang terbang, Jumat lalu.(RIZ)
Sumber Berita MetroTvNews
SERANGAN SEKUTU DI LIBYA DAPAT DIBENARKAN
Jakarta – Meski menuai kecaman, tapi serangan pasukan sekutu terhadap militer Libya ternyata dapat dibenarkan. Bahkan ada payung hukum dan alasan untuk membenarkan aksi militer yang dimotori Prancis, Kanada, Italia, Inggris dan AS itu.
Demikian tanggapan Guru Besar Hukum Internasional FHUI, Hikmahanto Juwana, tentang serangan pasukan koalisi sekutu ke Benghazi, Libya. Tanggapan dia sampaikan melalui surat elektronik, Minggu (20/3/2011).
“Serangan oleh Prancis, Kanada, Italia, Inggris dan AS atas tentara yang loyal terhadap Khaddafi di Benghazi adalah untuk menghentikan serangan pro pemerintah terhadap demonstran, oposisi dan tentara yang tidak loyal pada Khaddafi,” kata Hikmahanto.
Alasan pertama adalah, masyarakat internasional dapat mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk mencegah kemungkinan terjadinya kejahatan kemanusiaan oleh rejim Khadaffi. Yaitu jatuhnya lebih banyak korban sipil Libya.
“Ini desebutkan dalam resolusi Dewan Keamanan PBB 1973,” jelas dia tentang payung hukum yang mendukung aksi militer internasional.
Alasan ke dua, masyarakat internasional sudah sewajarnya melakukan aksi intervensi kemanusiaan atau melaksanakan hak untuk melindungi warga masyrakat suatu negara. Seperti dari ancaman kezaliman luar biasa dari pemerintahan negara yang bersangkutan.
“Krisis di Libya dapat mengancam perdamaian dan keamanan internasional bila terus dibiarkan dan tidak diambil tindakan,” papar Hikmahanto mengenai alasan ke tiga.
Namun tindaklanjut pasca serangan militer koalisi sekutu dia digarisbawahi benar. Bahwa serangan tidak boleh berkelanjutan hingga menjadi pelumpuhan pemerintahan rejim Khaddafi.
“Pelumpuhan rezim Khaddafi akan menjadi pelanggaran hak internasional seperti yang terjadi pada Irak di bawah Saddam Hussein,” sambungnya.
Dia menegaskan kepemimpinan di Libya harus diserahkan kepada rakyat Libya. Masyarakat internasional harus menghormati kedaulatan Libya dan tidak melakukan intervensi urusan dalam negeri negara tersebut.
“Sebagaimana yang diatur dalam Pasal 2 ayat (7) Piagam PBB,” tegasnya
sumber Berita DetikNews
Video Serangan Sekutu
Posted: 20 Mar 2011 02:13 PM PDT
pagi ini tepatnya pukul 01.37wib libiya kembali diserang lewat udara oleh pesawat tempur sekutu gan, serangan ini udah yang ke 2 kalinya dilancarkan sekutu untuk menginterfensi libya. setelah kemarin libiya dihujani bom pintar dan rudal tomahawk US dan UK
berikut berita selengkapnya:
Quote:
Jakarta – Warga Ibukota Libya, Tripoli, malam ini dikagetkan oleh suara tembakan yang keras. Sejumlah stasiun televisi menyebutkan Tripoli sedang diserang.
Stasiun televisi CNN misalnya, menulis besar-besar judul breaking news ‘Tripoli Under Attack Now’. Seperti dikutip detikcom dari CNN, Senin (21/3/2011), sejumlah rudal antipesawat milik Libya tiba-tiba memuntahkan tembakan keras ke arah udara. Sejumlah saksi mata mengaku melihat pesawat tempur yang sedang dikejar rudal tersebut.
Kantor berita AFP juga menulis demikian dalam berita terkini. AFP melaporkan terdengar suara tembakan sangat keras di Tripoli. Lontaran cahaya dari rudal antipesawat terlihat jelas di dekat gedung pemerintahan Presiden Muammar Khadafi.
Reuters mempertegas bahwa suara keras tersebut berasal dari rudal antipesawat. Reuters menulis sejumlah senjata berat antipesawat ditembakkan ke udara.
Tripoli adalah pusat pemerintahan Libya. Kota ini berisi penduduk yang patuh terhadap pemerintahan Khadafi. Sejumlah reporter internasional juga tengah meliput di kota yang hingga saat ini masih aman ini.
/10/suara-tembakan-keras-terdengar-di-kota-tripoli?9911032″ target=”_blank”>sumber
interfensi US, UK, ITA, FRA semakin kuat. sepertinya perang di libiya ini akan menjadi perang iraq part 3.
Posted: 20 Mar 2011 01:53 PM PDT
Quote:
ANTISIPASI BOM: Sejumlah petugas sedang memeriksa paket kiriman barang dengan menggunakan alat metal detectors di Kantor Pos Besar Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/3). Pemeriksaan paket kiriman dengan metal detectors tersebut sebagai upaya antisipasi adanya kiriman paket berisi bom yang marak akhir-akhir ini.
Quote:
Liputan6.com, Semarang: Demi mengantisipasi adanya kiriman paket bom buku, Kantor Pos Besar di Semarang, Jawa Tengah, memperketat pemeriksaan paket-paket. Dari pantauan SCTV, Sabtu (19/3), untuk memastikan isi paket yang dicurigai, petugas membongkar beberapa paket dan memeriksa isinya.
Untuk paket yang akan dikirim, petugas mewajibkan pengirim mengisi data lengkap dan daftar isi paket tersebut. Petugas juga membuka isi paket yang mencurigakan. Namun sayangnya kantor pos ini tidak mempunyai metal detector sehingga petugas kewalahan memeriksa seluruh isi paket.
Pengetatan pengiriman paket-paket ini adalah instruksi dari PT Pos Indonesia.(BJK/YUS)
Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sejumlah perusahaan jasa pengiriman mulai was-was atas maraknya paket bom di Jakarta. Perusahaan jasa pengiriman Express misalnya, memperketat penerimaan paket pengiriman dari masyarakat. Surat edaran pun dilayangkan ke sejumlah rekanan untuk meningkatkan kewaspadaan.
"Jadi kita setelah dengan adanya kejadian itu, besoknya kita langsung kirim edaran kepada semua anggota untuk meningkatkan keamanan. Dan memastikan juga semua petugas-petugas di lapangan menjalankan pemeriksaan barang itu sesuai dengan SOP-nya," ujar Ketua umum Asosiasi Jasa Pengiriman Express Indonesia (Asperindo), M. Kadrial kepada tribunnews.com di Jakarta, Sabtu (19/3/2011).
Menurutnya, tata cara pengecekan data maupun isi paket kini menjadi perhatian karyawan Express. Identifikasi data pengirim akan diuji silang dengan kartu tanda penduduk atau KTP.
"Semua anggota kita sudah berikan arahan. Syaratnya adalah menunjukkan identitas resmi, KTP, dan KTP itu dicocokkan dengan orang yang datang, benar atau tidak. Kemudian setelah cocok, KTP atau identitas tadi difotokopi untuk arsip dan data. Kalau pun nanti ada pengirimananya yang tidak sesuai pelaporannya itu mudah dilacak," ungkapnya seraya menegaskan identifikasi pengirim sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.
"Itu dari sisi kita mengindentifikasi apakah kiriman dari pelanggan kita sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku," terangnya.
Dia menjelaskan, karyawan dan kurir juga dibekali keahlian mengindetifikasi paket kiriman. "Kurir kita sudah dibekali dengan keahlihan mengidentifikasi barang-barang yang tidak sesuai. Kurir punya keahlian untuk membedakan mana buku, dan lainnya, yang sesuai dengan laporan," jelasnya.
Dia mengemukakan, bila paket kiriman ditemukan mencurigai, karyawan akan meminta si pengirim untuk membukanya. "Itu harus dibuka di depan pelanggan itu. Itu kita minta dibuka, kalau dia tidak berkenan membuka, itu bisa dicurigai," ucapnya.
Quote:
Teror Bom Jadi Alat Mengejek Pemerintah
JAKARTA–MICOM: Maraknya teror bom yang belakangan di beberapa wilayah di tanah air dianggap sebagai alat untuk mengejek pemerintah. Hal ini terjadi, karena pemerintahan saat ini dinilai dipimpin orang yang tidak tegas.
“Teror bom adalah olok-olok besar terhadap seorang pemimpin yang tidak bersikap tegas, tidak bisa mengontrol. Bom itu kemudian menjadi lelucon, tapi kita tidak bisa bilang yang menyebabkan itu siapa,” ujar Kader Muda Nahdlatul Ulama (NU) Maman Imanulhaq pada diskusi bertajuk Teror Wikileaks dan Teror Bom Mengguncang Stabilitas Negara dan Fakta Kagagalan SBY di Jakarta, Minggu (20/3).
Ia menambahkan, jika saat ini muncul isu-isu yang menjatuhkan, seperti isu di Wikileaks, pemerintah lebih baik membuktikan ketidakbenarannya.
“Daripada dibantah, lebih baik dibuktikan tidak benar. Jangan sampai dibodoh-bodohi. Wikileaks itu tidak usah ditanggapi, biasa saja,” imbuhnya.
Hal senada juga diutarakan Mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Tyasno Sudarto. Menurutnya, banyaknya teror bom belakangan, dikarenakan ketikapercayaan rakyat kepada pemerintah.
Teror bom muncul, karena penegakan hukum lemah. Akibatnya, rakyat pun mencari jalan ke luar masing-masing untuk memecahkan masalah yang ada.
“Kenapa terjadi teror bom itu, karena pemerintah tidak tegas dan tidak mau menegakkan hukum dengan keras. Pemerintah itu memimpin sebuah bangsa yang besar, kalau pemimpin itu ragu-ragu, rakyat pun ragu-ragu. Akibatnya rakyat mencari pemecahannya sendiri-sendiri. Ada yang tidak suka sama A, sikat saja, bikin bom,” ungkap Tyasno.
Menurutnya, perlu pembuktian yang kuat jika saat ini ada tudingan bahwa pemerintah yang mengeluarkan isu bom untuk mengalihkan isu yang sedang beredar. Namun, ia menyatakan tidak menutup kemungkinan teror bom itu bisa dilakukan kalangan minoritas maupun kelompok yang berkuasa.
Tyasno menambahkan, solusi yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah memperkuat posisinya. Pemerintah menurutnya tidak boleh terbuai dengan masalah politis semata sehingga takut tidak didukung oleh partai-partai politik.
“Harus perkuat posisi, jangan terbuai dengan masalah setgab. Jangan takut tidak didukung, karena presiden di Indonesia itu tidak perlu takut tidak didukung partai-partai politik karena ia dipilih oleh rakyat. Karena itulah, harus bertanggungjawab kepada rakyat,” jelasnya. (OL-12)
Posted: 20 Mar 2011 12:45 PM PDT
Hasil Lengkap MotoGP Qatar 2011 di Sirkuit Losail, 21 Maret 2011. Casey Stoner sukses memenangi balapan pembuka MotoGP 2011 di Sirkuit Losail, Qatar, Senin, 21 Maret 2011, dinihari WIB. Disusul di posisi kedua oleh Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa di posisi ketiga.

Selepas start, Dani Pedrosa langsung menggebrak dengan menyodok ke posisi pertama, diikuti Casey Stoner dan Jorge Lorenzo di tempat ketiga. Valentino Rossi sebenarnya sempat menyeruak ke posisi dua, namun ditikungan pertama pembalap Ducati ini melebar sehingga harus tercecer ke posisi enam.
Memasuki tiga tikungan pertama, sang juara dunia Lorenzo berhasil mengambil pimpinan lomba dari Pedrosa yang harus tercecer ke urutan tiga dibelakang rekan setimnya Stoner yang menempel ketat Lorenzo ditempat kedua. Namun, Lorenzo tak bertahan lama bercokol sebagai pembalap terdepan. Pasalnya, Stoner berhasil mengambil alih posisi terdepan, diikuti Pedrosa di tempat kedua.
Memasuki lap keempat, Pedrosa melakukan manuver membahayakan dengan memotong Stoner saat keduanya mencoba memasuki tikungan. Stoner nampak tidak ingin mengikuti ego, sehingga agak memperlambat motornya dan memberikan ruang bagi Pedrosa untuk mendahuluinya.
Casey Stoner yang terus menguntit Pedrosa, akhirnya berhasik mengambil posisi pertama dengan melakukan manuver cemerlang saat keduanya bersiap memasuki tikungan. Usai melewati Pedrosa, Stoner langsung melesat dan mulai menjaga jarak. Sedangkan, Pedrosa kini mulai mendapat tekanan dari Lorenzo di tempat ketiga.
Teror mental yang terus dihadirkan Lorenzo kepada Pedrosa akhirnya membuahkan hasil. Di sisa delapan lap, pembalap Yamaha sukses melewati Pedrosa yang gagal menutup ruang geraknya saat melahap tikungan. Sementara itu, rekan setim Lorenzo, Ben Spies juga berhasil memenangi duel sengit dengan Rossi dan mengamankan posisi enam, kendati Rossi belum menyerah dan terus berupaya merebut kembali posisinya.
Memasuki lima lap terakhir, Stoner kian jauh sendirian di depan. Sementara Dani Pedrosa sempat mengambil alih posisi Lorenzo di tempat kedua. Pembalap Repsol Honda lainnya, Dovi juga sukses mengovertake Simoncelli dan mengamankan posisi empat. Sementara di baris ketiga, Rossi juga masih berupaya keras mengambil kembali posisinya dari Spies yang menempati posisi enam.
Di sisa empat lap, Lorenzo kembali melancarkan aksinya dan berhasil melewati Pedrosa. Dari sini, Lorenzo mulai berhasil keluar dari tekanan Pedrosa dan menjaga jarak untuk mengamankan posisi kedua. Hingga berakhirnya lomba, komposisi pembalap tak mengalami perubahan.
Stoner tampil sebagai pemenang dengan selisih lebih dari tiga detik dari Lorenzo di tempat kedua, sementara Pedrosa di podium terakhir. Andrea Dovizioso mengakhiri balapan di posisi empat diikuti Marco Simoncelli, Ben Spies, Rossi di tempat ketujuh, Colin Edwards, Nicky Hayden dan Hiroshi Aoyama melengkapi format sepuluh pembalap terdepan.
This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now
Posted: 20 Mar 2011 12:35 PM PDT
Liverpool meraih poin penuh di Stadium of Light, Minggu (20/3) malam WIB. Adalah tuan rumah Sunderland yang dibekuk ‘Si Merah’ dengan skor 2-0.
Penalti Dirk Kuyt di babak pertama dan tendangan keras Luis Suarez di paruh kedua yang memastikan tiga angka menjadi milik Liverpool di laga ini.
Dengan hasil tersebut, Liverpool membuka kans untuk bisa menggeser posisi Tottenham Hotspur dari peringkat lima. Liverpool kini mengantungi 45 angka, empat poin tertinggal dari Tottenham.
Sementara Sunderland posisinya melorot karena kekalahan ini, digusur Everton yang kemarin menang atas Fulham. Sunderland tetap mengantungi 38 angka di pekan ke-30.
Meski menang, Liverpool sempat tampil dalam tekanan di paruh pertama. Skema permainan pasukan Kenny Dalglish juga tidak mengesankan, bahkan laga ini sendiri berjalan kurang menarik karena banyak kesalahan dilakukan kedua tim.
Namun Liverpool bisa menciptakan sejumlah kesempatan untuk unggul, di antara tendangan jarak dekat Kuyt di menit keempat, yang masih bisa diblok kiper Sunderland.
Baru di menit 33 Kuyt bisa menjebol gawang lawan lewat titik putih penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan John Mensah terhadap Jay Spearing di kotak terlarang.
Luis Suarez nyaris menggandakan keunggulan Liverpool beberapa saat kemudian, namun tendangan volinya bisa dibendung kiper Sunderland Simon Mignole.
Di babak kedua, Liverpool mulai menemukan ritme permainan. Namun usaha mereka gagal membuahkan hasil hingga memasuki 15 menit pertandingan terakhir.
Luis Suarez yang merangsek masuk dari sisi kiri pertahanan Sunderland bisa melepas tendangan keras dari sudut sempit yang langsung menghujam deras ke gawang Sunderland. 2-0 untuk Liverpool.
Sunderland makin sulit mengejar ketertinggalan setelah di menit 83 kehilangan salah satu pemainnya, John Mensah, yang mendapat kartu kuning kedua karena menjegal Suarez.
Spearing nyaris memperbesar keunggulan Liverpool jika saja sepakan kaki kirinya tidak ditip Mignol. Skor 2-0 pun bertahan hingga akhir laga.
(sumber goal)
Posted: 20 Mar 2011 12:32 PM PDT
Real Madrid harus memutar otak untuk mengantisipasi absennya Cristiano Ronaldo dalam sejumlah laga. Pemain berjuluk CR 7 ini diprediksi tidak bisa tampil dalam tiga pekan kedepan.
Ronaldo mengalami cedera hamstring saat Los Blancos mengandaskan Atletico Madrid, 2-1 kemarin. Kondisi ini tentu merupakan kerugian tersendiri bagi Madrid yang tengah mengejar Barca, dan berjuang melewati fase perempatfinal Liga Champions.
Persoalan serupa juga membuat Ronaldo absen dalam dua pertandingan pada pekan lalu. Dan kini dia mengeluhkan mengalami rasa sakit yang sama. Ronaldo akan segera menjalani tes, namun diprediksi cedera itu akan memaksanya untuk menyisih di pinggir lapangan selama tiga pekan.
"Cristiano Ronaldo merasakan sakit peradangan pada bisep femorisnya pada paha kiri setelah pertandingan melawan Atletico," demikian keterangan resmi klub. Ronaldo akan absen dua atau tiga pekan ke depan, tergantung dengan perkembangannya.
Perkembangan ini menimbulkan keraguan terhadap Ronaldo yang diharapkan tampil saat Madrid menjamu Tottenham Hotspur, di Santiago Bernabeu 5 April mendatang.
Sebelumnya Ronaldo juga sudah dinyatakan tak bisa bermain dalam ajang persahabatan internasional saat Portugal menghadapi Chile dan Finlandia. Di La Liga, cedera Ronaldo memaksanya absent saat bentrok dengan Sporting Gijon.
(sumber oz)
Posted: 20 Mar 2011 12:31 PM PDT
Gol tunggal Giampaolo Pazzini ke gawang Lecce sudah cukup mengamankan ambisi Inter untuk mendekati singgasana klasemen Serie A Italia. Dalam pertandingan yang digelar di Giuseppe Meazza, Minggu (20/3), Nerazzurri memetik poin penuh usai menang tipis atas tamunya, Lecce, 1-0. Dengan hasil ini, maka Inter kini hanya menyimpan gap dua poin dari AC Milan yang berstatus sebagai Capolista.
Di babak pertama Inter tampak kesulitan menggempur pertahanan Lecce meski kendali permainan berada dalam genggaman mereka. Alhasil, skor 0-0 tak terhindarkan.
Memasuki babak kedua, Inter baru bisa membongkar pertahanan Lecce saat sundulan Pazzini hasil umpan Wesley Sneijder dapat ditepis kiper Lecce Antonio Rosati. Peluang pun kandas.
hanya berselang semenit berikutnya, barulah Inter menghancurkan kebuntuan. Pazzini sukses merobek gawang Lecce usai berkolaborasi dengan Goran Pandev.
Kiper Rosatti sempat memprotes wasit atas gol itu lantaran menganggap sang striker lebih dulu menyentuh bola saat mengendalikan si kulit bulat, tetapi sang pengadil lapangan tetap meresmikan gol tersebut.
Di sepuluh menit terakhir waktu normal, Lecce mendapatkan momentum bagus. Tendangan bebas dari jarak dekat diberikan wasit. Tetapi tembakan Ruben Oliviera hanya menabrak barisan tembok Inter.
Pun demikian yang dilakukan oleh Andrea Bertolacci di mulut gawang Inter pada menit 85. Beruntung aksinya itu dapat dicermati kiper Julio Cesar untuk mengamankan gawangnya dari ancaman gol balasan.
Tak ada lagi kans tercipta hingga pluit panjang ditiupkan wasit. Skor 1-0 pun menjadi milik Inter.
(sumber goal)
Posted: 20 Mar 2011 12:25 PM PDT
Chelsea terus membuka asa untuk bersaing dalam perburuan gelar Premier League musim ini. Melalui kontribusi duo Brasil, David Luiz dan Ramires, The Blues sukses menggasak lawan tangguh Manchester City dengan skor meyakinkan 2-0.
Kemenangan ini praktis membuka peluang sang juara bertahan untuk terus berjuang mempertahankan mahkota juaranya. Chelsea berhasil merangsek ke peringkat tiga klasemen sementara dengan 54 angka. Mereka berhasil memangkas poin dengan Arsenal di peringkat dua dengan hanya selisih empat angka dan tertinggal sembilan angka dari Manchester United di puncak klasemen, dengan menyisakan satu pertandingan yang belum dimainkan.
Sementara bagi The Citizens, kekalahan ini memaksa pasukan Manchester Biru tergusur ke peringkat empat klasemen sementara. City mengoleksi 53 poin, atau terpaut satu angka dari Chelsea dan unggul empat poin dari Tottenham Hotspur di peringkat empat.
Menjamu City di Stamford Bridge, pelatih Carlo Ancelotti menyimpan Nicolas Anelka dan Didier Drogba dan memberikan kesempatan kepada duet Salomon Kalou dan manusia 50 juta poundsterling Fernando Torres di lini depan. Sementara di kubu lawan, allenatore Roberto Mancini hanya menempatkan Edin Dzeko sebagai penyerang tunggal.
Pertarungan sengit langsung mewarnai jalannya laga. City yang berstatus tim tamu justru mampu tampil mengejutkan dengan membuka peluang pertama saat laga baru menginjak empat menit. Yaya Toure melepaskan tembakan mendatar yang untungnya masih bisa diamankan Petr Cech.
Chelsea merespons melalui Kalou di menit ke-13. Sayang, laju striker asal Pantai Gading yang coba mengejar bola di kotak penalti, terhambat Ramires yang terjatuh. Gawang City yang dikawal Joe Hart pun aman. Chelsea mengklaim penalti di menit ke-20, menyusul handball yang dilakukan Joleon Lescott saat menghalau crossing Kalou. Sayang, wasit tidak menggubris permintaan para punggawa The Blues.
The Blues kembali mendapat peluang emas di penghujung babak pertama melalui Kalou yang memanfaatkan umpan Torres. Sayang, sepakannya tepat mengarah ke pelukan Hart. Hingga jeda, skor 0-0 tetap bertahan.
Di babak kedua, Chelsea kembali menggebrak. Permainan cantik diperagakan tiga pemain Torres, Ramires dan Florent Malouda. Malouda langsung melepaskan tembakan yang juga masih mampu diamankan Hart.
Sejauh ini, City yang tampil tanpa bomber andalannya Carlos Tevez nampak kesulitan meladeni permainan Chelsea. Dzeko yang diplot sebagai striker tunggal gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Aliran bola dari David Silva maupun James Milner pun terlihat tidak lancar.
Chelsea terus berupaya membobol gawang City untuk membalas kekalahan 0-1 di pertemuan pertama lalu. Di menit ke-63, Branislav Ivanonic melepaskan sundulan yang sempat mengenai Kompany. Sayangnya, bola justru mengarah tepat ke arah Hart.
Belum juga mampu memecah kebuntuan, Ancelotti langsung melakukan perombakan besar dengan menarik dua striker sekaligus di menit 70. Drogba masuk menggantikan Torres yang belum juga mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai striker ulung. Sementara Anelka dimasukkan untuk mengisi pos Malouda.
Masuknya kedua striker tangguh ini pun langsung berdampak pada permainan Chelsea yang kini lebih bervariasi dalam melakukan serangan. Puncaknya terjadi di menit ke-79. Berawal dari tendangan bebas, Drogba melepaskan umpan ke depan gawang Hart, yang langsung disambar David Luiz dengan sundulan yang meluncur deras ke sisi gawang Hart. Chelsea unggul 1-0.
Unggul satu gol, Chelsea kian bersemangat mengobrak-abrik pertahanan City. Sementara Mancini merespons gol Chelsea dengan memasukkan Mario Balotelli untuk bertandem dengan Dzeko. Namun, perubahan yang dilakukan Mancio nampaknya tidak bekerja dengan baik. Baik Dzeko maupun Balotelli jarang sekali mengancam gawang Cech.
Chelsea yang nampak masih bernafsu mencetak gol akhirnya sukses mengggandakan keunggulan di masa injury time. Ramires memastikan kemenangan Chelsea setelah liukannya menerobos kotak penalti diakhiri dengan tembakan yang tak mampu dibendung Hart. Chelsea pun menyegel kemenangan 2-0.
Susunan Pemain:
Chelsea: Petr Cech; John Terry, David Luiz, Ashley Cole, Branislav Ivanovic; Michael Essien, Frank Lampard, Ramires; Florent Malouda/Nicolas Anelka (70'), Fernando Torres/Didier Drogba (70'), Salomon Kalou/Yuri Zhirkov (77')
Man City: Joe Hart; Joleon Lescott, Vincent Kompany, Aleksandar Kolarov, Micah Richard; Gareth Barry, Nigel De Jong, David Silva, James Milner/Adam Johnson (81'), Edin Dzeko, Yaya Toure/Mario Balotelli (80')
(Sumber oz)
Posted: 20 Mar 2011 12:16 PM PDT
Senin, 21 Maret 2011 , 01:12:00
TERLAHIR dari darah biru Nahdlatul Ulama, Lili Chodidjah Wahid seolah ditakdirkan untuk tidak jauh dari percaturan politik di tanah air. Lili adalah adik kandung almarhum KH Abdurrahman Wahid. Ayahnya, tak lain mantan Menteri Agama KH Wachid Hasyim. Sedangkan kakeknya adalah sang pendiri NU, KH Hasyim Asy”ari.
Karenanya bagi Lili Wahid, politik ibarat menu wajib sehari-hari dalam diskusi keluarga besar mereka. Jabatan politik sudah dirintisnya sejak masih muda, hingga akhirnya mengantarkan perempuan kelahiran Jombang, 4 Maret 1948 ini duduk sebagai anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Namun akhir-akhir ini, pilihan politik PKB untuk berkoalisi dengan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, dinilai Lily sudah kebablasan. Beberapa kali, Lily memilih membuat keputusan kontroversial seperti mendukung Angket Century dan Angket Pajak (meski akhirnya Angket pajak gagal). Padahal PKB jelas berkoalisi dengan pemerintah menentang terbentuknya dua hak angket tersebut.
Sikap tegas pun diambil PKB yang dipimpin Muhaimin Iskandar, yang tak lain masih kerabat dekat Lili Wahid. Bersama Effendie Choirie, Lily harus menerima keputusan recall dari keanggotaan DPR oleh partai yang didirikan kakan kandungnya sendiri.
Baik Effendie Choirie maupun Lily melakukan perlawanan. Bahkan Lily menantang seluruh pengurus DPP PKB untuk melakukan sumpah menggunakan Al Quran guna mencari kebenaran. Berikut petikan wawancara JPNN dengan Lily Wahid di gedung DPR RI, baru-baru ini;
Anda dibesarkan di keluarga para kiai sekaligus politisi, bagaimana keseharian keluarga?
Politik itu sudah ditakdirkan pada kami, ibaratnya sejak dari orok. Berbicara masalah politik itu ibarat menu sehari-hari ditengah-tengah kita, mulai kita tumbuh dan sampai dewasa ya tetap seperti itu. Di keluarga masing-masing, di anak-anaknya Wahid Hasyim, kondisinya sudah seperti itu, jadi tidak bisa lepas dari politik sejak dulu.
Bagaimana kiprah anda di PKB?
Jadi kita itu berkeluarga berenam, kita tahu di mana kita harusnya ngumpul dan di mana kita harusnya tidak ngumpul. Apalagi Gus Dur, kita banyak samanya juga banyak bedanya. Tapi namanya juga Kiai, dia itu tidak pernah mau dibantah. Saya memang tidak ikut langsung membesarkan PKB tapi saya tetap mengikuti semua yang ada di PKB, ketika banyak goncangan dan butuh ketegasan untuk bersikap.
Seperti saat pemisahan saudara Choirul Anam menjadi PKNU itu adalah hasil dari penglihatan saya di mana Anam sudah terlalu banyak ‘’menjual’’ Gus Dur untuk kepentingan-kepentingannya. Maka saya sepakat dengan seluruh pengurus di Jatim untuk minta kepada Gus Dur melakukan tindakan kepada Anam. Saya kumpulkan pengurus-pengurus cabang PKB di Jatim.
Dari hasil-hasil itu kita sampaikan ke Gus Dur. Waktu itu kita kumpul di Jakarta, lalu saya panggil Muhaimin dan minta Muhaimin mengantarkan hasilnya ke Gus Dur. Waktu itu Muhaimin masih wakil ketua DPR RI. Jadi begitulah, meski saya tidak ada dalam kepengurusan tapi selalu ikut perkembangan untuk kepentingan PKB.
Tapi sekarang sepertinya anda mulai bersebrangan dengan Muhaimin. Bagaimana awalnya?
Pada perjalanannya PKB mengalami sebuah gangguan. Terjadi sebuah pergeseran, termasuk ketika Lukman Edy menjadi Sekjen lalu Yenny menggantikan Lukman Edy. Saat itu PKB mengalami musibah, ada partai kader lain yang masuk ke PKB, begitu dekatnya dengan Gus Dur dan mengacak cabang-cabang PKB yang lain. Banyak kader-kader di cabang-cabang, tanpa alasan di pecati.
Waktu itu Pilkada lagi ramai-ramainya dan terjadi perputaran uang yang demikian besarnya. Kemudian waktu itu Muhaimin dipecat oleh Gus Dur, kalau boleh dikatakan karena intervensi juga. Kemudian dalam perjalanannya, Muhaimin menggugat di pengadilan dan memenangkan gugatan tersebut.
Muhaimin pun merekrut saya masuk menjadi Dewan Syuro. Saya mengikuti kubunya Muhaimin untuk melakukan penyelamatan pada Partai. Namun pada perjalanannya, saya merasa tidak lagi sama dengan Muhaimin karena banyak platform partai, ideologi partai yang hari ini sudah hilang dan tidak dipakai lagi.
Dari mana muncul rasa tidak nyaman itu?
Dari awal didirikannya partai PKB itu untuk salurkan aspirasi rakyat. Kita rasakan sajalah sudah puluhan tahun Indonesia merdeka, tapi rakyat belum dapatkan apa-apa. Dan kalau melihat konsistensinya Gus Dur yang mengkritisi pemerintah, untuk itulah didirikannya PKB sebagai sayap politik NU. Hari ini, jangankan lagi membela suara rakyat, tapi malah membela pada kepentingan penguasa.
Apakah merasa PKB dikorbankan demi kepentingan koalisi?
Oh ya, sangat. Kalau peristiwa terakhir, kronologisnya itukan dimulai 3 Maret 2010 ya. Pada saat paripurna DPR untuk kasus Century, dimana saya juga berbeda dengan partai dimana saya memilih opsi C dan partai memilih opsi A. Keberpihakan partai kepada pemerintah itu terus terjadi, sampai tidak masuk akal. Sampai terakhir, kasus usulan angket mafia pajak. Tidak masuk akal juga karena begitu rupa kita ingin bongkar mafia pajak.
Kalaulah membongkar mafia pajak ini hanya melalui Panja, itu sama artinya mimpi dan tidak mungkin. Karena tidak memiliki hak investigasi seluas angket. Atas dasar itulah, saya pilih opsi berbeda dengan partai karena kita ingin menangkap kelas-kelas big fish-nya dan bukan kelas-kelas seperti Gayus.
Atas keputusan yang berbeda, anda pernah dipanggil dan disidang hingga akhirnya keluar keputusan recall?
Sampai hari ini, mereka tidak pernah mengundang saya untuk ditanyai, sekali pun tidak pernah. Saya tidak pernah dipanggil atau diminta hak jawabnya. Sampai akhirnya keluar pemecatan dari partai. Ini memang dahsyat kok. Jarene wong Jowo, kok kebangetan (katanya orang Jawa, tapi sudah sangat keterlaluan).
Ini hanya sekedar mencari muka pada penguasa dan ada sebuah sistem yang dijalankan untuk membungkam anggota-anggota dewan yang kritis dan membela rakyat. Saya tidak ada niatan apa-apa selain untuk membela rakyat.
Saya dipindahkan dari komisi I ke komisi XI, katanya biar tidak banyak bicara lagi. Tapi walaupun cuma 3 bulan, saya banyak bekerja di sana. Sampai akhirnya saya dorong harus diadakannya Pansus di komisi XI untuk kinerja pajak. Karena saya ini orangnya hyperaktif untuk mencari-cari yang gak benar seperti itu. Sampai akhirnya bisa terbuat usulan untuk Pansus.
Lalu saat itu, saya ditarik lagi ke komisi I. Mungkin waktu itu pemikiran teman-teman (Fraksi PKB) karena saya tidak punya background ekonomi kemudian saya tidak bisa ikuti, tapi buktinya dalam tiga bulan saya bisa membuktikan pada mereka.
Setelah 2 kali perbedaan pendapat, bagaimana hubungan anda dengan rekan-rekan politisi Fraksi PKB?
(Lily tertawa panjang). Boleh anda baca teman-teman dari komisi I, lintas komisi, lintas fraksi, semuanya mendukung saya. Mendoakan saya. Saya tahu, di antara mereka (Fraksi PKB) ada yang mendukung saya, tapi mereka takut.
Mengapa mendukung usulan angket pajak?
Awalnya itu, sebenarnya seluruh anggota Fraksi sudah diberikan surat edaran tentang tidak boleh setuju. Tapi saya tidak dapat edarannya. Saya dapat dari Gus Choi (Effendie Choirie). Saya sudah berikan penjelasan tertulis kepada Fraksi dan suratnya masih saya simpan semua. Saya beritahukan bahwa surat persetujuan hak angket, bukan sebagai pembangkangan saya pada partai. Tapi sebagai sebuah konsekuensi logis dan profesional saya sebagai anggota dewan.
Saya ingin rakyat juga lihat, agar kita tidak hanya sebagai partai penjilat penguasa. Memang bahasa saya kasar, karena saya sudah kesal. Karena ini semuanya mengkhianati berdirinya PKB dulu. Bukannya kita melawan ya, tapi kritis.
Pemecatan anda dikatakan karena berbuat 10 kesalahan dan berkali-kali mengajukan gugatan pada Partai sendiri?
Lha, kalau pengurus partainya yang salah, masa saya tidak boleh menggugat? Itu hak saya sebagai anggota partai untuk menggugat karena kesalahannya memang ada di DPP. Dan yang terpenting sebenarnya, hari ini saya menganggap bahwa pengurus itu tidak ada.
Karena Muhaimin itu sudah memanipulasi data dan pengurusnya sudah tidak sah. Karena dia memanipulasi MLB (Musyawarah Luar Biasa) Ancol. Di dalam MLB Ancol, tidak ada diutarakan periodisasi sampai 2013. Peraturan partainya adalah, setiap MLB adalah melanjutkan periodisasi mukhtamar sebelumnya, berarti melanjutkan pengurusan sebelumnya dan itu sampai 2010. Jadi kalau saya menggugat ada alasannya.
Saya tidak menjelek-jelekan partai. Saya mengambil sikap ini, justru agar PKB tetap dilirik oleh masyarakat bahwa PKB tetap perjuangkan aspirasi masyarakat.
Posted: 20 Mar 2011 12:05 PM PDT
ada2 aja nie kelakuan manusia jaman sekarang…
:ngakak
JAKARTA – Polsek Penjaringan berhasil meringkus Harmoko, 26, pencuri motor Yamaha Mio, B 6006 UNS, warna putih Rabu (23/2) malam.
Pelaku ditangkap warga saat mengambil sepeda korban yang diparkir di depan rumah. Harmoko diketahui baru menikah tiga bulan lalu dengan Ria (20).
Pemuda asal Tegal ini, ditangkap saat sedang beraksi di Jalan Sinar Budi RT10/04, Pejagalan, Jakarta Utara.
“Motor tidak dikunci stang, pelaku lalu mendorongnya. Baru mendorong motor sejauh empat meter, pelaku sudah diteriaki maling oleh warga,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Penjaringan Kompol Dedy Murti Haryadi.
Pelaku selanjutnya diselamatkan anggota kepolisian dari amuk masa. Polisi masih akan mengusut kasus ini dengan memeriksa keterangan pelaku. Terhadap Harmoko, pengantin baru ini akan dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian Dengan Pemberatan.
Harmoko, mengaku melakukan perbuatan ini dalam keadaan mabuk setelah menelan belasan pil antimo dan pil ramadal. “Saya ngga tahu apa-apa, tiba-tiba sudah di tahanan polisi,” ujarnya. Buruh bangunan ini mengaku ingin mabuk karena mengetahui istrinya di kampung halaman selingkuh.