Hari / Tanggal :

Fakta Unik Tangan Kidal



Kidal adalah suatu kebiasaan lebih dominan menggunakan tangan kiri untuk melakukan pekerjaan, seperti menulis, makan, atau melakukan pekerjaan yang berat menggunakan tangan.
Menurut The Left Handers Club, sebuah organisasi orang-orang kidal tak pernah menganggap bahwa kidal itu adalah sebuah kelainan, tapi sebaliknya, mereka malah menganggap kidal adalah sebuah keunikan.
Sampai saat ini, belum ada dokter atau ilmuwan yang mengerti pasti apa penyebab kidal. Ada beberapa teori yang mencetuskan alasan kenapa seseorang bisa kidal, tapi kebenarannya belum teruji secara pasti.
Menurut Fabiola Priscilla Setiawan, M.Psi., psikolog anak dan remaja, kidal terjadi bila otak kanan seseorang lebih dominan dibanding otak kirinya.
“Otak kanan itu mengatur bagian tubuh sebelah kiri, sedangkan otak kiri mengatur tubuh sebelah kanan. Orang yang lebih nyaman menggunakan tubuh sebelah kiri, termasuk tangan kiri, berarti otak kanannya yang lebih dominan,” ujar psikolog yang akrab dipanggil Mbak Febi.
Gara-gara didominasi otak kanan, orang kidal jadi jauh lebih kreatif dibanding orang-orang yang biasa menggunakan tangan kanan. Otak kiri fungsinya mengatur hal-hal yang berhubungan dengan logika, sedangkan otak kanan mengatur hal-hal yang abstrak seperti seni, bahasa, musik, dan emosi.
“Itulah sebabnya, orang-orang yang kidal biasanya mahir menggambar. Jadi, tidak heran kalau banyak musisi, pelukis, aktor, dan seniman yang bertangan kidal,” kata psikolog yang berpraktek di Lembaga Psikologi Terapan UI ini.
Akibat otak kanan lebih dominan, anak-anak yang kidal juga biasanya punya daya khayal dan imajinasi yang tinggi, yang bikin mereka jadi lebih kreatif dibanding anak-anak bertangan kanan.

Bagaimana dengan kekurangannya?
“Anak yang kidal biasanya lebih sensitif. Mereka juga cenderung kurang percaya diri, apalagi jika lingkungannya tidak menerima dia sebagai orang kidal. Penelitian menunjukkan jika kompetensi orang yang kidal dan orang yang “normal” itu sebenarnya sama kok,” Mbak Febi menegaskan.

Tetap Kidal
Kalau Anda kidal, jangan sekali-kali berusaha untuk berubah jadi right-hander alias pengguna tangan kanan. Termasuk kalau disuruh oleh orang tua atau guru. Bila dipaksakan, efeknya justru bakal tidak bagus buat Anda, baik secara psikologis maupun secara prestasi.
Mbak Febi berikan contoh lewat pengalaman pribadinya, “Waktu SD prestasi saya bagus, selalu masuk rangking. Tapi begitu duduk di kelas empat, saya tidak diijinkan masuk kelas jika saya tidak belajar pake tangan kanan, termasuk nulis pake tangan kanan. Itu sulit sekali untuk saya. Nulis jadi lambat, mikir juga jadi tidak konsen. Apalagi jika guru mendikte catatan atau berikan soal. Sejak itu, prestasi saya langsung drop,” ungkap Mbak Febi.
Si kidal yang maksain berubah jadi “normal” juga biasanya jadi lebih gampang cemas, tidur terganggu, tidak percaya diri, bahkan bisa jadi gagap.
“Iya, ini biasanya terjadi pada anak yang sering diingatkan dengan cara yang keras, misalnya dibentak, untuk menggunakan tangan kanan. Akibatnya dia jadi waswas, mau melakukan apapun jadi serba takut”.
Kasus ini juga dialami oleh Raja Inggris King George VI yang jadi gagap dan dyslexia akibat dipaksa menggunakan tangan kanan, padahal dia aslinya adalah seorang kidal.

Berikut, ada fakta-fakat menarik lainnya tentang tangan kidal seperti dikutip dari  apakabardunia.com

  1. Menurut statistik, dari sebuah populasi, 15%-nya termasuk kidal. Pria biasanya dua kali lebih cenderung kidal daripada wanita.
  2. Orang kidal memiliki kemungkinan lebih besar untuk mejadi jenius. 20% dari jumlah anggota organisasi MENSA, sebuah organisasi untuk orang-orang dengan IQ tertinggi sedunia, dilaporkan kidal.
  3. Jika Kamu pria, kidal, dan sedang kuliah, maka diperkirakan Kamu akan 15% lebih kaya daripada pria yang tidak kidal. Nah, kalau sampai tamat kuliah, pria kidal akan 20% lebih kaya!
  4. Walau begitu orang kidal memiliki kecendrungan lebih tinggi untuk kecanduan alkohol.
  5. Jika kedua orangtua kidal, maka ada kemungkinan 50% keturunan mereka juga akan kidal. Sementara jika kedua orangtua tidak kidal, kemungkinan tadi akan turun menjadi 2% saja.
  6. Psikolog dari Universitas Queen di Belfast menyatakan bahwa kucing betina cenderung tidak kidal, sementara kucing jantan cenderung kidal (siapa sangka, kucing bisa kidal juga!).
  7. Entah mengapa, namun orang kidal katanya lebih tidak suka buku berjilid spiral dibanding yang tidak kidal.
  8. Orang kidal dapat merespon stimulasi (rangsangan) dengan lebih baik sehingga kebanyakan orang kidal jago bermain game.
  9. Semakin tua seorang Ibu saat melahirkan, semakin besar kemngkinan anaknya lahir kidal.
  10. 4 dari 5 desainer komputer Mac dilaporkan kidal.
  11. Menurut sebuah penelitian, orang kidal hidupnya 9 tahun lebih pendek dari yang tidak kidal.
  12. Orang kidal cenderung lebih atletis, memiliki kesadaran yang lebih spasial dan berpikir lebih cepat.
  13. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Alan Searleman dari St Lawrence University di New York, menunjukkan bahwa orang kidal mampu mendukung sisi kiri tubuhnya untuk semua kegiatan fisik. Orang kidal juga dua kali lebih terampil dalam pemecahan masalah dan memiliki IQ lebih tinggi dari orang yang aktif dengan tangan kanan.
  14. Orang dengan tangan kidal relatif lebih cerdas dari pada bukan kidal (Guardian UK)
  15. Orang Kidal lebih mudah mengontrol emosi dibandingkan bukan kidal (National Geographic)
  16. Jumlah orang Kidal meningkat pesat setelah tahun 1910 (BBC)
  17. 1orang Kidal jumlah sampai saat ini sekitar 10% dari seluruh populasi dunia (National Geographic)
Ang orihinal na artikulo o pinagkunan makikita dito
ReadmoreFakta Unik Tangan Kidal

Rumah Sakit yang Berhantu


Sudah banyak cerita-cerita seram tentang rumah sakit yang beredar. Dan nyaris semuanya bikin merinding. Tetapi, kalian pasti belum pernah membaca lima kisah seram berikut ini. Yang dikemas dan dikumpulkan dari beberapa rumah sakit di dunia. Yang kabarnya, bahkan orang sakitpun enggan tinggal lama di sana.

Rumah Sakit Taunton, Massachusetts

Rumah sakit ini dibangun tahun 1854 sebagai rumah sakit jiwa, yang lokasinya cukup terasingkan. Di sana, pernah dirawat seorang pasien yang merupakan pembunuh serial. Ia mengaku telah membunuh setidaknya 31 orang saat bekerja sebagai suster. Adalah Jane Toppan, yang kemudian dianggap menderita penyakit jiwa dan dirawat di sana hingga akhir hidupnya.
Rumor mengatakan, bahwa di sana juga ada seorang dokter gila yang akan memaksa dokter sejawat atau suster lain untuk melakukan ritual setan apabila tidak menuruti perintahnya. Di sana pula seringkali pasien serta staff melihat penampakan shadow man, sosok hantu yang sering muncul dari balik dinding dan hanya terdiam memandang pasien.
Hmmm… setidaknya shadow man ini menjadi teman bagi para pasien di sana. Tetapi, tetap saja ia sosok menakutkan bagi para staff.

Rumah Sakit Royal Hope Florida

Rumah Sakit Royal Hope Florida berlokasi di mantan rumah sakit militer, yang dulunya berdiri di tahun 1784 – 1821. Kemudian, rumah sakit tersebut dihancurkan, dan replikanya dibangun di lokasi lain.
Dan setelah dibangun menjadi rumah sakit Royal Hope, banyak kejadian mengerikan di rumah sakit ini. Mirip seperti yang terjadi di film Poltergeist, namun ini adalah kisah nyata, bukan sekedar adegan film semata.
Bahkan, rumah sakit ini menjadi salah satu tempat terhoror di Florida seperti dikutip dari apakabardunia.com.
Kabarnya, ternyata di bawah rumah sakit tersebut, banyak pasien terkubur dan berbaring di bawahnya. Karena mati akibat menjadi korban perang, mereka adalah arwah penasaran dan masih doyan mengganggu kehidupan di dunia. Bahkan beberapa pasien yang berbaring di ruang operasi pernah terbangun gara-gara peralatan di sana terbang dan bergerak sendiri. Beberapa orang lain melihat bagaimana tempat-tempat tidur terangkat dan kembali ke tanah saat mereka lewat.

Sanatorium Tranquille, Kanada

Berlokasi di dekat danau di Kanada, Sanatorium ini dulunya adalah peternakan sebelum si pemilik mengubahnya menjadi rumah sakit untuk penderita TBC. Lokasi ini benar-benar menjadi rumah sakit pada tahun 1907, dan telah menampung ribuan pasien sejak itu. Namun, tiba-tiba pada tahun 1950, sanatorium ini ditutup.
Menurut gosip yang beredar, mendadak seluruh pasien dan staff di sana hilang secara misterius. Dan kemudian sanatorium ini memang menjadi lengang tanpa tanda kehidupan manusia di sana.
Beberapa paranormal pernah mencoba mendatangi lokasi ini, dan mereka menemukan perasaan sedih serta suhu yang tiba-tiba turun drastis. Terdengar suara-suara aneh, serta suara jeritan suster perawat yang dibunuh oleh pasiennya sendiri.
Hingga sekarang, sanatorium Tranquille masih menyisakan misteri yang sangat besar. Misteri hilangnya pasien dan seluruh staff di sana.

Rumah Sakit Jiwa Sai Ying Pun, Hong Kong

Berlokasi di Hong Kong, rumah sakit jiwa ini dibangun tahun 1892 silam. Kabarnya, rumah sakit ini dibangun di area para hantu, karena banyak kejadian aneh sering terdengar di seputar area ini.
Rumornya, rumah sakit jiwa ini menjadi asrama pusat para suster yang bekerja saat Perang Dunia II pecah. Kemudian, wilayahnya diperluas lagi dan menjadi tempat eksekusi bagi prajurit Jepang.
Mulai menyediakan fasilitas rumah sakit jiwa sejak tahun 1947, dan dilaporkan banyak kejadian seram di sana. Mulai dari wanita yang menangis dan berteriak-teriak histeris, suara jejak langkah di dalam gedung, penampakan kepala manusia di lantai, yang kemudian dalam beberapa detik berubah menjadi api, dan hal-hal menyeramkan lainnya.

Rumah Sakit Nocton, Inggris

Dulunya, rumah sakit ini merupakan tempat tinggal seorang bangsawan kaya raya. Hingga Perang Dunia I meletus, kemudian orang Amerika mengambil alih tempat ini untuk menjadi sebuah penampungan bagi para prajurit yang terluka.
Rumah ini kemudian masih dipakai sebagai rumah sakit militer hingga Perang Dunia II. Merawat berbagai kasus prajurit yang terluka. Kemudian gedung ini sempat diabaikan dan ditinggalkan hingga tahun 1995, sebelum diaktifkan lagi menjadi rumah sakit Nocton.
Konon, di sana ada beberapa hantu yang seringkali muncul dan mengganggu pasien maupun staff di sana. Ada sosok hantu gadis yang selalu menangis karena mati setelah diperkosa anak bangsawan pemilik rumah. Ada pula hantu yang muncul hanya jam 4.30 pagi dan tiba-tiba menangis di dekat ranjang. Banyak pasien pernah mengalami kejadian misterius saat dirawat di sana. Pun demikian, hingga saat ini rumah sakit ini masih menerima pasien.
Ang orihinal na artikulo o pinagkunan makikita dito
ReadmoreRumah Sakit yang Berhantu

Mengenal Muslich Bambang Luqmono Calon Hakim MK yang tak punya mobil

Integritas dan kesederhanaan Muslich Bambang Luqmono (MBL) bukan isapan jempol. Selama bertahun-tahun menjadi hakim, dia selalu naik sepeda onthel ke kantor. Sayang, kepribadian MBL itu bukan selera DPR sehingga MBL gagal jadi hakim agung. Kini MBL mendaftar sebagai hakim konstitusi dari jalur Mahkamah Agung (MA).

Dalam catatan detikcom, Jumat (10/10/2014), kebiasaan MBL naik sepeda onthel dimulai saat kuliah di Yogyakarta. Tidak tanggung-tanggung, jarak antara tempat tinggalnya di Kebumen menuju Yogyakarta dia tempuh dengan naik sepeda onthel.

"Kenapa saya pakai sepeda balap, karena untuk melatih saya sehari-hari agar tidak sombong dan terus harus menunduk. Lagian kalau sudah naik sepeda serasa muda lagi," kata MBL kepada detikcom pada Juli 2014 lalu.

Setelah menjadi sarjana dan diterima sebagai hakim, MBL tidak melupakan kesederhanaan itu. Meski sudah berpindah-pindah di 10 wilayah Indonesia sebagai hakim, dia selalu menggunakan sepeda onthel untuk transportasi ke kantornya. Tiap kali pindah tugas, yang dia cari pertama kali di tempat barunya adalah sepeda onthel karena tidak mungkin membawa-bawa sepeda onthel dari tempat tugas satu ke tempat tugas lainnya.

"Ya tidak mungkin saya bawa semua, yang di Ponorogo saya kasihkan pembantu saya," ujar bapak tiga anak ini yang menjadi ketua majelis hakim yang menjatuhkan hukuman percobaan kepada Nenek Minah yang mencuri kakao atas azas keadilan.

Kini dia memiliki 3 sepeda di rumahnya di Kebumen, Jawa Tengah. Satu di antaranya yaitu sepeda balap merek Bianchi yang sangat ia sayangi. Sebab Bianchi ini merupakan sepeda yang hanya diproduksi terbatas oleh Bianchi dalam edisi ulang tahunnya.

"Di dunia hanya ada 120 sepeda, limited edision dan ini sepeda terakhir Bianchi 1885-2005 saya dapat sepeda yang ke 120," ungkapnya.
Sepeda yang diproduksi terbatas tersebut dibelinya dengan harga Rp 17 juta melalui seorang agen sepeda di Purwokerto. Dengan gaji hakim yang waktu itu sangat pas-pasan, MBL pun harus memutar otak membeli sepeda itu yaitu mencicil selama setahun.

"Dulu inden, karena edisi ulang tahun dan istimewa karena hand made. Harganya Rp 17 juta. Begitu datang langsung ada yang nawar Rp 21 juta. Ya saya nggak mau, namanya senang," tutur dia.

Namun kebiasaan menggunakan sepeda saat menuju pengadilan tidak lagi dilakukannya di Pengadilan Tinggi (PT) Jayapura sebab rumah dinas dan kantornya masih satu komplek.

"Rumah dinas di Jayapura dengan tempat kerja dekat, hanya 50 meter jadi cukup jalan kaki," jelasnya.

Jika hendak bepergian di Jayapura, MBL memilih menggunakan angkutan umum, berdesakan dengan masyarakat. Jika tengah bertugas di Jakarta, MBL lebih memilih berdesak-desakan naik Kopaja bercampur dengan masyarakat umum.

Kesederhanaan sebagai hakim selama puluhan tahun juga membuatnya tidak mampu membeli mobil. Dirinya baru bisa membeli Kijang Innova pasca kenaikan tunjangan hakim awal 2013 lalu. Itu pun diberikan kepada istrinya untuk mempermudah berjualan roti.

Integritasnya juga membuatnya enggan memotong jalan pintas. Hal itu terbukti MBL lebih memilih tetap tinggal di rumah warisan istrinya dan belum bisa mencicil membeli rumah sejak menjadi hakim hingga kini.

Koleganya juga mengenal MBL sebagai hakim yang teguh pendirian dan berani menentang penindasan terstruktur. Hal itu bukan omongan kosong belaka yaitu terbukti saat MBL menolak bergabung dengan Golkar di era Orde Baru. Di mana saat itu seluruh hakim di Indonesia harus bergabung menjadi anggota Golkar tanpa kecuali. Atas penentangan terhadap rezim otoriter itu, MBL harus menerima skorsong bertahun-tahun tidak berhak mengadili perkara satu pun.

Rekam jejak penuh liku dan getir itu membuat Komisi Yudisial (KY) kepincut. KY pun menyodorkan MBL ke DPR untuk disetujui menjadi hakim agung. Sayang, DPR tidak berselera dengan kesederhaan MBL menjadi hakim agung dan mengkadaskannya pada pertengahan September lalu.

Kini, MBL mendaftar sebagai hakim konstitusi dari jalur Mahkamah Agung (MA). Berdasarkan UUD 1945, MA mempunyai jatah 3 kursi di MK. Lantas, apakah MA juga akan menolak MBL menjadi hakim konstitusi layaknya DPR menolaknya menjadi hakim agung?
Ang orihinal na artikulo o pinagkunan makikita dito
ReadmoreMengenal Muslich Bambang Luqmono Calon Hakim MK yang tak punya mobil

Novita Wijayanti Anggota DPR Berdandan Bagai model Cantik Dilantik Hari ini

terpilih dari Partai Gerindra Dapil Jateng 8, Novita Wijayanti tampil cantik dalam acara pelantikannya. Bak seorang model, Novi terlihat mengenakan kebaya berwarna soft dengan berbagai pernak-pernik ornamen hiasannya.

Novi datang ke Gedung DPR, Senayan, Jakpus, sekitar pukul 09.05 WIB, Rabu (1/10/2014). Mengenakan kebaya berwarna biru krem, Novi tampak menyita perhatian pengunjung saat melengang di atas karpet merah.

"Karena kita wakil rakyat harus ceria, semangat. Walau rakyat banyak yang masih susah, kita tetap harus semangat," ujar Novi saat ditanyakan mengenai penampilannya.

Hal yang paling menyita perhatian dari Novi adalah hiasan bunga di rambutnya. Ia menempelkan hiasan bunga asli berwarna kuning putih di kedua sisi kepalanya. Tak lupa, di bagian sanggul Novi, terpasang hiasan seperti berlian. Novita Wijayanti

"Dandan sebentar, dari jam 5 pagi. Karena waktu mepet kita panggil orang untuk dandanin ke hotel. Kebaya bikin di penjahit langganan aja, gaya nasional modern," pungkasnya.




Ang orihinal na artikulo o pinagkunan makikita dito
ReadmoreNovita Wijayanti Anggota DPR Berdandan Bagai model Cantik Dilantik Hari ini

cewek cewek cantik menantang maut

Sekelompok perempuan cantik yang sangat berani melakukan aksi nekat dengan menari di atas pesawat yang sedang terbang ribuan kaki di udara. Aksinya ini sontak membuat penonton terkesima.

Menari di udara adalah pekerjaan yang biasa dilakukan oleh Sarah Tanner, Danielle Huges, dan Stella Guilding ini. Mereka adalah penari akrobatik di atas pesawat yang sering disebut Wingwalkers Breitling.

Ketiga wanita cantik ini tanpa ragu melakukan aksi-aksi yang menakjubkan di atas ketinggian 1000 kaki dengan melakukan handstands atau berdiri dengan kedua tangan di bawah. Bahkan mereka juga nekat bergelantungan terbalik di sayap pesawat.

Tak banyak wanita yang ingin melakukannya. Namun, pekerjaan ini sangat menyenangkan bagi ketiga wanita pemberani ini.

Kepala Wingwalkers Breithing Sarah Tanner mengatakan, bahwa menjadi seorang Wingwalkers sudah ia impikan sejak masih kecil. sewaktu kecil Wingwalkers adalah sesuatu yang pernah saya lihat di sebuah airshow dan saya sangat terinspirasi untuk melakukannya, ujarnya, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (4/2/2013).

Untuk menjadi Wingwalker Anda tidak bisa lebih tinggi dari 150 centimeter atau memiliki berat badan berlebih dan harus memiliki keberanian pada ketinggian, ungkap perempuan berusia 31 tahun ini. -





Ang orihinal na artikulo o pinagkunan makikita dito
Readmorecewek cewek cantik menantang maut

Cewek cantik dan manis di facebook

Yuuk pada liatain gadis cantik facebook calon pacar idaman, klo liat Facebook pasti sudah terkenal dengan ajang narsis narsisan, apalagi bagi kaum wanita yang memang suka banget fotonya diliatin para cowok cowok. Tapi banyak juga diantara mereka yang memang lebih menyukai sedikit foto tapi bikin geger para teman mereka di Facebook.
Kayak gadis ini ne, yang memang gag begitu banyak upload foto tapi sekali upload bakal bikin kita kesengsem banget karena kecantikan serta keimyutannya.


















Ang orihinal na artikulo o pinagkunan makikita dito
ReadmoreCewek cantik dan manis di facebook

Kuntil anak ikut nonton konser



Sesosok bayangan yang diduga hantu berwujud kuntilanak tidak sengaja terfoto oleh pengunjung saat konser Kadenza band tepat sebelum Tipe-X menghibur warga Semarang Selasa malam 9 September di Panggung utama PRPP Semarang. Sosok berambut panjang terurai itu muncul di antara pengunjung yang memadati arena Jateng Fair. Tidak terlihat jelas wajah sosok yang dibalut kain berwarna putih berambut panjang terurai itu. Pengunjung pun tak menyadari sosok asing yang berada di tengah-tengah mereka. Perhatian mereka tertuju pada aksi band di atas panggung.
Seperti yang dikutip dari metrosemarang.com, si pemotret pun mengaku kaget dengan kemunculan sosok berpakaian serbaputih itu. Awalnya ia menganggap sosok tersebut sebagai seseorang, namun setelah diperhatikan, wujud tersebut lebih menyerupai sesosok hantu kuntilanak. “Sekarang tiap melihat foto yang saya ambil itu, saya malah merasa mrinding,” tandasnya.
Ang orihinal na artikulo o pinagkunan makikita dito
ReadmoreKuntil anak ikut nonton konser

Koleksi Gambar gambar lucu dan konyol

ga tau napa tiba-tiba pengen ketaawa tp ga tau apa yang pengen diketawain . iseng-isng buka folder foto. eh dapet bbrpa foto yang bkn senyum" sendiri .. ini bbrpa fotonya

anak-ayam-lucu.jpg

kok ada yang bisa mikir amanin sepedanya dg cara kaya gini :)

foto-lucu-sepeda.jpg

kalo pengen beli jangan lupa resep dokter ya

Foto_Foto_Lucu-3.jpg


no comment dah kalo ini

Gambar_Foto_Lucu-8.jpg


sebenernya  masuk pagi  apa sore sih?

Gambar_Foto_Lucu-9.jpg

hhehehe...

Gambar_Foto_Lucu-7.jpg

ibu kita syahrini


foto-foto-lucu-ibu-kita-syahrini-250x250

lap top

foto-foto-lucu-laptop-250x250.jpg

kalo yang ini foto-foto dengan judul "salah penulisan/ hanya mereka yg tau"

foto-lucu-warnet-tidak-buka-karena-sedan

salah-tulis-Toilet.jpg


salah-tulis-iklan.jpg

Tulisan-Lucu-Dilarang-Meroko.jpg

Tulisan-Lucu-Seefood.jpg

Tulisan-Lucu-Faisal-flexi.jpg


siapa yg butuh minuman dingin

Tulisan-Lucu-Minuman-2.jpg

Tulisan-Lucu-setim.jpg

Tulisan-Lucu-stopan.jpg


yang bkn aku kktawa ngakak waktu baca  faisal ,,  mo di apain tu faisal


Tulisan-Lucu-Faisal.jpg

salah-tulis-kabar-malam.jpg

salah-tulis-Tv-one-2.jpg
Ang orihinal na artikulo o pinagkunan makikita dito
ReadmoreKoleksi Gambar gambar lucu dan konyol